15 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami, Tak Perlu Langsung ke Dokter!

Selasa 24 Agustus 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 481 2460135 15-cara-mengatasi-sakit-gigi-secara-alami-tak-perlu-langsung-ke-dokter-XlIrlzX6ez.jpg 15 cara mengatasi sakit gigi secara alami Foto : Boldsky)

15 cara mengatasi sakit gigi pada artikel ini mungkin dapat membantu Anda sebelum ke dokter. Anda bisa mencoba bahan-bahan alami dan cara sederhana untuk mengatasi sakit gigi yang membuat tidak nyaman.

Sakit gigi memang membuat seseorang bisa tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas. Jika Anda sedang mengalaminya, ada cara sederhana yang bisa dilakukan sebelum meminta pertolongan dokter.

Berikut 15 cara mengatasi sakit gigi secara alami yang dikutip dari situs Timesofindia dan Boldsky, Selasa (24/8/2021).

1. Air garam

15 cara mengatasi sakit gigi

(15 cara mengatasi sakit gigi, Foto: Boldsky)

Berkumur dengan air garam adalah pengobatan lini pertama untuk sakit gigi. Air asin adalah disinfektan alami. Ini dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda.

Membilas dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sejak lama. Minyak cengkeh dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Minyaknya mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Anda bisa memasukkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam kapas dan mengoleskannya ke area yang terkena. Pastikan untuk mengencerkan minyak cengkeh dengan sedikit minyak zaitun. Anda juga bisa memasukkan satu atau dua tetes minyak cengkeh ke dalam air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

Baca Juga : Hilang Bukan Berarti Sembuh, Alami Gigi Ngilu Harus Cek ke Dokter

3. Jahe

15 cara mengatasi sakit gigi

(15 cara mengatasi sakit gigi, Foto: Boldsky)

Tak hanya cengkeh, jahe juga salah satu rempah yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi secara alami. Kandungan antibiotik pada jahe membantu membunuh kuman penyebab nyeri akibat gigi berlubang. Anda bisa menumpuk satu siung jahe, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga rasa sakit menghilang.

4. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai pengobatan rumahan selama ribuan tahun untuk berbagai masalah. Bawang putih dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan timbulnya plak gigi dan sekaligus bertindak sebagai pereda nyeri.

Hancurkan satu siung bawang putih dan buat pasta. Terapkan ke area yang terkena. Anda juga bisa menambahkan garam ke dalam pasta bawang putih atau mengunyah bawang putih.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Gigi di Masa PPKM Darurat

5. Bawang Merah

Tak hanya bawang putih, bawang merah juga ampuh untuk mengobati sakit gigi secara alami. Hal ini karena bawang merah mengandung antimikroba dan antiseptik alami yang membantu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

6. Peppermint

Peppermint membantu menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif. Ambil kantong teh peppermint bekas dan biarkan dingin. Oleskan kantong teh ini ke area yang terkena. Anda bisa menggunakan kantong teh saat masih hangat.

Anda juga dapat menggunakan pendekatan yang berlawanan dan membekukan kantong teh selama beberapa menit dan kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit.

7. Kunyit

15 cara mengatasi sakit gigi

(15 cara mengatasi sakit gigi, Foto: Boldsky)

Kunyit dikenal sebagai ramuan antiseptik dan antiinflamasi yang kuat. Telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad dan dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Itu juga dikenal untuk membunuh bakteri. Anda bisa minum segelas susu kunyit atau membuat pasta bubuk kunyit dan air lalu mengoleskannya pada gusi Anda.

8. Oleskan minyak pohon teh

Kaya akan sifat antibakteri, minyak pohon teh membantu membasmi semua bakteri di mulut. Anda bisa langsung mengoleskannya ke gusi dengan mengencerkannya dengan minyak kelapa. Ini akan terbukti sangat efektif dan akan meredakan rasa sakit.

9. Ekstrak vanili

Bahan ini dianggap ampuh sebagai obat untuk sakit gigi. Sebabnya, ekstrak vanili sifatnya mematikan rasa sakit karena sedikit konsentrasi alkoholnya. Bahan ini juga mengandung antiseptik alami, yang membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menggunakan, rendam bola kapas di dalam larutan ekstrak vanili. Letakkan di gigi yang sakit selama lima menit. Ulangi setidaknya dua kali sehari.

10. Minyak oregano

Minyak oregano dikenal memiliki sifat antibakteri dan anti-virus yang kuat, sehingga efektif untuk mengobati sakit gigi. Sifat anti-peradangannya juga membantu mengurangi rasa nyeri hebat, yang mengganggu aktivitas Anda.

Cara menggunakan, campurkan dua tetes minyak oregano dengan satu sendok teh minyak kelapa. Oleskan dan pijat ke daerah yang sakit. Terapkan dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

11. Teh kantung

Tahukah Anda bahwa teh kantung biasa dapat membantu meringankan rasa sakit gigi? Apabila gigi terasa nyeri, tempelkan teh kantung tersebut ke bagian gigi yang sakit. Lalu, diamkan sejenak agar terasa lebih tenang. Bahan ini juga dapat mengurangi risiko peradangan yang amat mengganggu, dengan cara instan.

12. Lemon

15 cara mengatasi sakit gigi

(15 cara mengatasi sakit gigi, Foto: Boldsky)

Lemon kaya akan vitamin C yang membuat gigi dan gusi kuat, serta menghindari pembentukan plak. Penggunaan lemon juga menghasilkan napas yang lebih segar. Caranya, peras beberapa jus lemon segar dan pijat ke area pipi yang sakit. Lakukanlah dua kali sehari ya.

13. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat analgesik, yang akan membantu menghilangkan rasa sakit. Selain itu, ada juga kandungan flavonoid yang mengurangi aktivitas bakteri dan peradangan. Jika ingin mengonsumsi, rebuslah segenggam daun jambu biji dan saring campurannya. Gunakan air rebusannya untuk kumur-kumur, karena bersifat antiseptik.

14. Gunakan kompres dingin atau panas

Dalam hal sakit gigi bungsu, mengoleskan kompres es atau panas ke area yang terkena bisa sangat menenangkan. Ini tidak hanya mengobati peradangan, tetapi juga mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Saat mengompres dengan air hangat, ini meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan di area yang terkena. Akan tetapi perlu diingat bahwa metode pengobatan ini hanya dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit sementara.

Jika gigi bungsu menyebabkan sakit secara berkelanjutan, disarankan mengunjungi dokter gigi. Biasanya, dokter gigi akan melakukan pencabutan dengan metode operasi kecil.

15. Madu

Bahan alami terakhir yang dapat membantu mengatasi sakit gigi adalah madu. Hal ini karena madu mengandung antibakteri dan antiseptik yang membantu meredakan nyeri sakit gigi. Biasanya, madu dicampurkan pada makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini