Kemenkes Pastikan Presiden Jokowi Belum Divaksin Dosis Ketiga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 481 2460429 kemenkes-pastikan-presiden-jokowi-belum-divaksin-dosis-ketiga-bKVQWRJntO.jpg Presiden Jokowi (Foto : Biro Setpres)

KEMENTERIAN Kesehatan - Kemenkes memastikan bahwa vaksin dosis ketiga (booster) sampai sekarang belum diperuntukan untuk kelompok selain tenaga kesehatan, termasuk kepada Presiden Jokowi.

"Kalau sampai sekarang, kebijakan kami adalah mengutamakan vaksinasi booster (dosis ketiga) itu kepada tenaga kesehatan saja," kata Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam diskusi daring di kanal Youtube Antara TV Indonesia, Selasa (24/8/2021).

Hal ini menjawab banyak pertanyaan masyarakat yang beredar bahwa Presiden Jokowi maupun pejabat publik lainnya diklaim sudah terima vaksin dosis ketiga. Jadi, dipastikan sekali lagi bahwa vaksin dosis ketiga sampai sekarang hanya untuk nakes.

Kemenkes

Ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor HK.02.01/1919/2021 bahwa vaksinasi dosis ketiga hanya diberikan kepada tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung kesehatan yang telah mendapatkan dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19. Menurut perkiraan, jumlah penerima dosis ketiga ini ada 1,5 juta orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 Syarat Sekolah Tatap Muka, Jika Orangtua Tolak Anak Divaksin?

Siti Nadia dalam keterangannya pun mengatakan bahwa vaksin dosis ketiga juga belum untuk masyarakat umum mengingat keterbatasan stok vaksin. Selain itu, masih banyak juga penduduk yang jadi sasaran vaksinasi belum terima vaksin Covid-19 sama sekali.

"Sampai sekarang, untuk kelompok selain nakes, sesuai dengan SE Dirjen, belum bisa diberikan vaksin dosis ketiga atau booster," tambah Siti Nadia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini