20 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Coba Yuk!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 611 2460166 20-cara-memanjangkan-rambut-dengan-cepat-coba-yuk-J7TfybXzVj.jpg 20 cara memanjangkan rambut dengan cepat (Foto : Timesofindia)

20 cara memanjangkan rambut dengan cepat pada artikel ini dapat membantu mewujudkan memiliki mahkota kepala yang indah. Bukan berarti rambut pendek tidak indah lho.

Tapi ini untuk sebagian wanita yang sedang ingin rambut panjang. Karena, memiliki rambut panjang bagi sebagian wanita membuat mereka terasa lebih percaya diri.

Berikut 20 cara memanjangkan rambut dengan cepat yang dikutip dari situs Timesofindia dan Cosmopolitan, Selasa (24/8/2021).

1. Rajin potong ujung rambut

20 cara memanjangkan rambut dengan cepat

(20 cara memanjangkan rambut dengan cepat, Foto : Timesofindia)

Tidak rajin melakukan pemotongan ujung rambut justru dapat menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. Pemotongan ujung rambut secara teratur membantu menghilangkan bagian yang kasar yang biasanya berada di ujung rambut, seperti rusak dan bercabang. Dengan rajin melakukan pemotongan maka akan meningkatkan pertumbuhan rambut secara keseluruhan.

2. Gunting rambut rusak

Meskipun memangkas rambut secara teratur tidak akan menumbuhkan rambut lebih cepat, namun menggunting rambut rusak bisa menjaga rambut agar tetap sehat dan tidak bercabang.

Rambut bercabang itu membuat pertumbuhan rambut semakin melambat. Guntinglah secara rutin agar rambut bisa tumbuh sebagaimana mestinya. Lebih lanjut, potong rambut sekira seperdelapan dari satu inci setiap 10 hingga 12 minggu sekali.

Baca Juga : 8 Tips Merawat Rambut Panjang

3. Jangan terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas akan membuat rambut Anda kasar dan kusam karena keramas secara teratur akan menghapus minyak rambut alami yang berfungsi untuk membantu menyuburkan rambut. Ini adalah satu hal yang harus dihindari jika ingin rambut Anda tumbuh lebih cepat.

Baca Juga : 4 Cara agar Rambut Panjang Rapi dan Terawat

4. Pakai kondisioner setelah keramas

Salah satu kesalahan dalam perawatan rambut yang banyak dilakukan oleh kita adalah melewatkan conditioner setelah keramas. Bahkan jika Anda memiliki rambut berminyak, Anda harus mengondisikan ujung-ujung rambut. Karena ujung-ujung rambut bisa menjadi kasar, rusak dan tipis seiring waktu. Mengondisikan rambut secara teratur membantu menyegel kutikula yang merupakan lapisan luar rambut bagian luar dan menghindari kerusakan rambut.

5. Bilas dengan air dingin

20 cara memanjangkan rambut dengan cepat

(20 cara memanjangkan rambut dengan cepat, Foto : Timesofindia)

Cara ini benar-benar membantu menumbuhkan rambut dan menjaga kesehatannya dalam jangka waktu yang lama. Air dingin membuat lapisan rambut menjadi lebih dan mencegah rambut mengerinng, atau rusak karena suhu yang panas. Anda hanya perlu membilas rambut selama beberapa detik, namun akan membuat perbedaan yang besar.

6. Minyaki rambut

Meminyaki rambut Anda dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, karena dapat meningkatkan kepadatan rambut dan membuat akar lebih kuat.

7. Sisir rambut setiap malam

Menyisir rambut setiap malam sebelum tidur dapat membantu mendistribusikan minyak alami rambut, yang membantu pertumbuhan rambut. Carilah sikat rambut dengan bulu alami untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

8. Gunakan sarung bantal berbahan sutra

Jika ingin panjangkan rambut, gantilah sarung bantal berbahan katun dengan kain sutra atau satin. Kain ini diklaim memiliki permukaan yang lebih lembut dan tidak akan menyebabkan gesekan seperti yang terjadi pada sarung bantal berbahan katun. Dengan begitu, Anda akan bangun dengan kondisi rambut yang nyaris sempurna atau bagian kusutnya jadi lebih sedikit.

9. Berhenti menyumbat folikel

Kotoran, minyak, dan penumpukan produk dapat menyumbat folikel Anda, sehingga menghambat pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk mengistirahatkan rambut agar tidak membebani area akar secara berlebihan dengan produk penata rambut, sampo kering, dan bedak penambah volume adalah penyebab yang umum.

10. Eksfoliasi kulit kepala Anda

Jika kulit kepala Anda adalah pintu gerbang menuju rambut yang sehat, masuk akal jika pengelupasan membantu meningkatkan pertumbuhan. Gunakan sampo detoksifikasi atau scrub kulit kepala seminggu sekali untuk membersihkan dan menghilangkan sebum berlebih dari folikel secara menyeluruh, serta penumpukan produk yang disebutkan di atas.

11. Pijat kulit kepala Anda

20 cara memanjangkan rambut dengan cepat

(20 cara memanjangkan rambut dengan cepat, Foto : Timesofindia)

Pijat merangsang sirkulasi darah, mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan folikel rambut. Menarik rambut dengan lembut (sehingga Anda merasakan ketegangan, bukan nyeri) dan melakukan teknik ketukan berirama adalah dua metode pijat yang bisa Anda coba sendiri.

12. Masker rambut setiap minggu

Masker rambut setiap minggu dipercaya bisa membantu rambut lebih cepat panjang. Cara ini juga mampu memberikan perlindungan dari styling.

13. Teknik menyisir

Teknik menyisir memengaruhi kondisi rambut Anda. Idealnya rambut harus disisir secara perlahan. Pasalnya, jika tidak rambut akan mudah patah.

14. Memakai Bawang

Bawang merah berguna untuk menumbuhkan rambut. Caranya, Anda cukup membuat jus bawang merah, lalu pijatkan airnya ke rambut selama 15 menit. Setelah itu, Anda cuci rambut dengan air tanpa memakai sampo.

15. Minyak Anggur

Minyak anggur berguna untuk menumbuhkan rambut. Anda hanya perlu memijatkan minyak anggur ke kulit kepala secara rutin.

16. Air Kentang

Cuci kentang, lalu rebus selama 20 menit di air panas. Setelah itu, air rebusan digunakan untuk membilas rambut Anda. Cara ini berguna untuk menumbuhkan rambut secara cepat.

17. Menggunakan vitamin

Dermatologis Harold Lancer dari University of California Los Angeles menyarankan agar menggunakan vitamin B yang mengandung antioksidan sehingga membantu menguatkan batang rambut. Suplemen lain yang bisa digunakan adalah biotin yang dapat ditemui di apotek. Biotin berfungsi merangsang pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

18. Perhatian khusus saat memakai alat styling rambut

20 cara memanjangkan rambut dengan cepat

(20 cara memanjangkan rambut dengan cepat, Foto : Timesofindia)

Alat styling rambut seperti catokan atau alat pengeriting dapat mengeluarkan aroma terbakar pada rambut jika digunakan secara berlebihan. Inilah yang menyebabkan rambut Anda menjadi rusak. Karena itu, sebelum menggunakan alat styling rambut, aplikasikan minyak rambut atau hair mist untuk menjaga batang rambut tidak cepat rusak.

19. Perhatikan diet Anda

Diet sangat penting untuk pertumbuhan rambut; Anda perlu makan dalam jumlah yang cukup zat besi, vitamin B, seng, dan protein.

“Cara diet mempengaruhi pertumbuhan rambut bervariasi dari orang ke orang, tetapi masalah dapat terjadi ketika seseorang tiba-tiba mengubah pola makan atau mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis karena hal ini dapat mengejutkan dan menggoyahkan pertumbuhan,” kata Steve O'Brien dari London Center of Trichology.

Selain sayuran hijau seperti kangkung dan zat besi, ganggang biru-hijau ini juga tinggi zat besi (mineral yang sangat penting mengingat kondisi defisiensi, anemia, dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut).

20. Konsumsi kafein

Kafein diketahui dapat merangsang batang rambut dengan menghalangi efek DHT, zat kimia yang diketahui dapat merusak folikel rambut. Menurut ilmuwan Jerman di University of Lübeck, hal itu dapat mempercepat pertumbuhan rambut hingga 25 persen. Sayangnya meminumnya mungkin bukan cara terbaik untuk membantu pertumbuhan rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini