Ayah Bunda, Ini 5 Makanan yang Bisa Membuat Anak Tumbuh Tinggi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 298 2460797 ayah-bunda-ini-5-makanan-yang-bisa-membuat-anak-tumbuh-tinggi-h4cDdTL16T.jpg Ilustrasi anak tumbuh tinggi. (Foto: Shutterstock)

NUTRISI memiliki pengaruh besar untuk mendukung tinggi badan anak di luar genetika. Memberikan asupan makanan bergizi dengan tepat dapat membuat anak tumbuh tinggi.

Dikutip dari laman Sneakz, Rabu (25/8/2021), berikut beberapa daftar makanan yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi anak. Yuk disimak, ayah dan bunda.

Baca juga: Jangan Takut Tak Kebagian Vaksin Covid-19, Kemenkes Janji Semua Dapat 

1. Protein nabati

Protein adalah kunci untuk asupan bergizi bagi anak. Protein juga memiliki dampak besar pada tinggi badan anak. Kacang-kacangan, selai kacang, dan lentil merupakan sumber protein yang sangat baik.

Batang seledri yang diisi selai kacang atau mentega almond dapat mendukung penambahan tinggi badan. Quinoa juga protein nabati lengkap yang rasanya enak dan dapat ditambahkan ke banyak hidangan.

Biji rami dan buncis bisa ditambahkan ke hidangan untuk meningkatkan protein serta variasi dalam menu makanan anak Anda. Masukkan beberapa kenari atau almond ke dalam yoghurt. Sangat mudah menambahkan protein jika Anda menjadikannya prioritas.

Ilustrasi makanan sehat.

2. Telur

Telur adalah makanan utuh yang bergizi dan kaya protein. Putih telur adalah albumin dan 100 persen protein. Namun, disarankan menggunakan telur utuh. Telur utuh menambahkan lemak sehat, vitamin B12, dan kalsium.

Telur juga merupakan makanan yang mudah diolah. Bisa disajikan orak-arik, digoreng, dipanggang, atau direbus. Telur bisa dimasak dengan berbagai cara. Maka itu, anak tidak akan mudah bosan mengonsumsi telur karena praktis dan serbaguna.

Baca juga: 5 Rekomendasi Nama Anak Laki-Laki Islami Miliki Arti Dirahmati Allah Ta'ala 

3. Sayuran

Sayuran hijau seperti bayam dapat mendukung pertumbuhan tinggi anak. Sayangnya, kebanyakan anak tidak menyukai sayuran. Karena itu, ayah dan bunda bisa lebih kreatif dalam mengolah sayuran supaya menjadi hidangan yang menarik.

4. Pisang

Berbeda dengan sayuran, pisang lebih mudah diberikan ke anak karena mereka menyukainya. Pisang kaya mangan, potasium, dan kalsium yang dapat membuat anak tumbuh tinggi.

Buah pisang.

5. Buah tinggi vitamin C

Jeruk, apel, hingga mangga adalah buah-buahan tinggi vitamin C yang membantu tubuh menyerap dan memanfaatkan kalsium. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan.

Selain ada makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, ada juga makanan yang harus dihindari seperti soda. Minuman bersoda tidak hanya penuh dengan gula, tetapi juga merupakan penghambat kalsium.

Baca juga: Kisah Kesabaran Nabi Ayub: Kehilangan Harta, Anak, hingga Menderita Penyakit Kulit 

Soda sebenarnya sering menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium secara efisien. Seperti diketahui, kalsium sangat penting untuk tumbuh lebih tinggi.

Makanan kaya karbohidrat, terutama yang diproses seperti sereal, nasi, roti, dan pasta dapat berdampak negatif pada hormon pertumbuhan tubuh manusia.

Jika akan memberikan makanan sarat karbohidrat ini kepada anak, cobalah dan tetap berpegang pada biji-bijian dan makanan alami, bukan versi instan atau olahan. Secara umum, jauhi makanan olahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini