Share

BPOM AS Peringati Bahaya Ivermectin untuk Obat Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 481 2460838 bpom-as-peringati-bahaya-ivermectin-untuk-obat-covid-19-Klqnfvtka9.jpg Ivermectin (Foto : News Medical)

FOOD and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) versi Amerika Serikat memperingati bahaya penggunaan Ivermectin sebagai obat Covid-19.

Kekhawatiran tersebut mencuat setelah laporan yang diterima BPOM AS mengungkapkan bahwa semakin banyak individu yang menggunakan obat yang sejatinya untuk mengobati cacing parasit tersebut.

Terlebih, menurut laporan Fox News, banyak masyarakat Amerika yang kemudian menggunakan Ivermectin khusus hewan karena dipercaya sama baiknya dengan Ivermectin khusus manusia.

Ivermectin

"Obat Ivermectin yang ditujukan untuk hewan sangat terkonsentrasi, karena digunakan untuk hewan besar seperti kuda dan sapi, yang beratnya bisa jauh lebih berat daripada manusia. Karena itu, dosisnya pasti lebih tinggi dan jika dikonsumsi manusia akan sangat beracun," laporan FDA.

"Toksisitas Ivermectin dapat menyebabkan gejala seperti ruam, mual, muntah, sakit perut, gangguan neurologis, dan hepatitis parah yang memerlukan rawat inap," kata pejabat kesehatan Mississippi.

Baca Juga : Podcast Kata Dokter Eps. 25 Sebenarnya Ivermectin Obat Untuk Apa?

FDA pun memperingati bahwa overdosis Ivermectin dapat menyebabkan kejang, koma, bahkan kematian.

Lebih lanjut, FDA menerangkan bahwa pasien yang memang mendapat resep obat Ivermectin mesti konsumsi obat sesuai anjuran. Obat itu sendiri pun biasanya diresepkan dokter untuk manusia pada kasus kutu rambut, masalah kulit seperti rosacea, dan kondisi lain yang sumber masalahnya cacing parasit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini