4 Olahraga Ini Ternyata Bisa Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 481 2460879 4-olahraga-ini-ternyata-bisa-membantu-anak-tumbuh-tinggi-3nFyTTRoKO.jpg Ilustrasi anak tumbuh tinggi. (Foto: Freepik)

SELAIN faktor genetik dan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, olahraga juga memberikan peran penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Olahraga yang berfokus pada gerakan dan memanjangkan tubuh membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi.

Olahraga bisa membantu meregangkan dan memanjangkan pita tulang rawan serta tendon di sekitar lengan dan kaki. Ini menciptakan ruang yang memungkinkan pertumbuhan tulang menjadi lebih baik.

Dikutip dari laman Sneakz, Rabu (25/8/2021), berikut empat olahraga yang bisa membantu anak tumbuh tinggi.

Baca juga: Ayah Bunda, Ini 5 Makanan yang Bisa Membuat Anak Tumbuh Tinggi 

Ilustrasi olahraga berenang. (Foto: Mirror)

1. Berenang

Berenang mungkin merupakan olahraga utama untuk membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi. Sekali lagi, latihan ini memanjangkan tulang belakang, meregangkan leher dan otot inti, dan meningkatkan hormon pertumbuhan dalam tubuh.

Kebanyakan olahraga akan meningkatkan hormon pertumbuhan. Tenis, bola basket, dan sepakbola adalah olahraga yang bagus serta akan membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh. Tapi, berenang juga membantu memanjangkan tubuh. Ini meregangkan dan membangun kekuatan dalam satu gerakan yang mengalir.

Baca juga: Anak Kadang Sukar Memahami Pelajaran saat Sekolah Daring 

2. Peregangan

Cobalah beberapa latihan peregangan. Peregangan sederhana yang akan memanjangkan tulang belakang dan leher adalah yang terbaik. Peregangan coba membebaskan sendi dan mengendurkan tendon serta ligamen untuk memberikan semua tulang ruang dan kekuatan untuk tumbuh.

Apa pun yang membantu memanjangkan tubuh bisa menciptakan ruang untuk pertumbuhan. Buat rutinitas peregangan harian dan bergabunglah dengan anak-anak. Ini menyenangkan, murah, dan akan membantu anak-anak tumbuh tinggi. Orangtua juga akan merasa berenergi.

3. Menggantung

Tahukah Anda bahwa astronot akan 3 hingga 5 persen lebih tinggi saat kembali dari luar angkasa. Gravitasi adalah kekuatan konstan dalam hidup dan menekan manusia setiap hari. Karena itu, mintalah anak-anak untuk melakukan beberapa latihan menggantung.

Hanya 10 menit sehari dapat membuat perbedaan. Pull-up adalah latihan yang bagus, tetapi jika anak tidak bisa melakukannya, biarkan mereka latihan menggantung. Jika memiliki taman, berjalanlah bersama anak dan minta mereka melakukan ayunan kera. Mereka meregangkan tubuh, memanjangkan tulang belakang, dan membangun kekuatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Menurun Drastis, Menkes: Tetap Waspada Virus Ini Sulit Ditebak Perilakunya 

4. Yoga

Saat ini ada banyak jenis yoga yang tersedia. Termasuk yoga yang khusus memperbaiki postur tubuh. Pada dasarnya semua jenis yoga bagus untuk meningkatkan tinggi badan, tapi pilih salah satu yang anak suka dan lakukan bersama keluarga.

Ilustrasi tinggi anak. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini