15 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Biar Gak Malu-maluin Pas Ngobrol!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 481 2461046 15-cara-menghilangkan-bau-mulut-biar-gak-malu-maluin-pas-ngobrol-40Sk8kuODf.jpg 15 cara menghilangkan bau mulut (Foto : Boldsky)

15 cara menghilangkan bau mulut pada artikel ini dapat membantu mengatasi rasa tidak percaya diri saat ngobrol dengan orang lain. Ingat, aroma napas tak sedap bukan hanya membuat Anda tak percaya diri, tetapi juga bikin orang lain kurang nyaman.

Berikut 15 cara menghilangkan bau mulut yang dikutip dari situs Timesofindia dan Boldsky, Rabu (25/8/2021).

1. Berkumur-kumur

15 Cara Menghilangkan Bau Mulut

(15 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Foto: Boldsky)

Berkumur setiap hari dengan air hangat akan memberikan sedikit kelegaan dari masalah mulut kering penyebab bau mulut. Campuran air hangat dan air liur dapat mengaktifkan kelenjar ludah untuk mengeluarkan air liur.

Baca Juga : Rajin Gosok Gigi Sebelum Tidur Tapi Mulut Masih Bau? Ini Penyebabnya

2. Mengonsumsi rempah-rempah

Jika Anda suka rempah-rempah, maka ini yang terbaik untuk Anda. Namun, jika tidak tahan terhadap rempah-rempah, maka tambahkan lada, biji adas, kapulaga dalam makanan sebagai bantuan.

3. Minum jus lemon

15 Cara Menghilangkan Bau Mulut

(15 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Foto: Boldsky)

Minumlah segelas jus lemon setiap pagi, karena lemon bersifat asam dan dapat mengobati bau mulut serta membersihkan mulut Anda. Ini merangsang produksi air liur yang diperlukan ketika menderita masalah mulut kering penyebab aroma tak sedap.

4. Mengonsumsi permen karet tanpa gula

Konsumsi makanan manis dapat membuat mulut kering. Mengunyah permen karet tanpa gula mungkin memberi bantuan jangka pendek dari mulut kering. Permen karet mengandung xylitol, yang membantu produksi air liur.

Baca Juga : 4 Cara Praktis Cegah Mulut Kering dan Bau Mulut

5. Perhatikan asupan kafein

Disarankan oleh Dr Khalid Alameri, Consultant Orthodontist dan kepala Dental Clinic, batasi konsumsi garam, kafein, dan diuretik agar mulut tak kering. Karena kondisi terseut bisa memicu perkembangan bakteri mulut, penyebab utama bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

6. Batasi makanan manis

Dokter Shifa Saleem, ahli bedah gigi menyarankan untuk sangat memperhatikan asupan makanan, terutama makanan manis terutama dengan tekstur lengket, contohnya cokelat dan kismis. Semakin lama gula bersentuhan dengan gigi, maka semakin banyak kerusakan yang akan ditimbulkan oleh gula tersebut.

Alih-alih mengemil makanan manis yang lengket, ganti kudapan Anda dengan keju mozzarella atau keju lainnya, kacang tanah, yoghurt, susu, dan permen karet bebas gula (terutama yang mengandung xylitol) yang baik untuk gigi. Jenis kudapan ini, disebutkan bisa membantu membersihkan mulut dari gula berbahaya dan melindungi dari plak.

7. Sikat gigi

15 Cara Menghilangkan Bau Mulut

(15 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Foto: Boldsky)

Trik paling mudah, ialah dengan rutin menyikat gigi setiap hari minimal 2 kali, pagi dan sebelum tidur. Tapi tak hanya cukup dengan menyikat gigi, biasakan juga untuk langsung floss gigi.

8. Sikat lidah

Kebiasaan ini memang masih jarang dilakukan orang Indonesia. Tak hanya gigi, sikat lidah juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Karena lidah berperan dalam proses mencerna makanan di mulut. Jika tidak dibersihkan, akan timbul bakteri dari sisa makanan penyebab bau mulut.

9. Tidak makan sebelum tidur

Dokter Shifa mengingatkan untuk menghindari kebiasaan ngemil sebelum tidur. Karena makanan yang tertinggal di gigi lebih cenderung menyebabkan gigi berlubang di malam hari.

Ditambah lagi, produksi air liur menurun saat kita tidur. Hal ini menyebabkan air liur tidak membersihkan mulut dengan baik saat jam tidur. Akibatnya Anda akan mengalami masalah bau mulut.

10. Manfaatkan minyak kayu putih

Berkat sifat antimikroba dalam minyak kayu putih, bisa melawan bau mulut dan digunakan sebagai obat kumur-kumur alami. Cukup tambahkan 1 hingga 2 tetes ke dalam air, berkumur, dan keluarkan.

11. Konsumsi apel

15 Cara Menghilangkan Bau Mulut

(15 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Foto: Boldsky)

Konsumsi apel sehari, terutama di pagi hari, tidak hanya membantu dalam proses pencernaan tetapi juga membantu dalam memerangi bau mulut dengan sifat polifenolnya yang teroksidasi.

12. Berhenti merokok

Rokok yang mengandung tingkat keasaman tinggi dapat memicu timbulnya bau mulut. Jadi, jika tak ingin mengalami masalah bau mulut, berhentilah merokok.

13. Membersihkan gigi palsu

Nah, ini bagi Anda yang memakai gigi palsu, biasanya akan mengalami masalah bau mulut. Jika Anda memakai gigi palsu atau peralatan gigi, pastikan selalu dalam keadaan bersih. Bersihkan secara menyeluruh setidaknya sekali sehari atau seperti yang diarahkan dokter gigi. Pastikanlah gigi palsu atau peralatan gigi tersebut selalu dalam kondisi bersih sebelum memasukkannya ke mulut.

14. Ganti sikat gigi rutin

Sikat gigi yang digunakan juga ada batas waktu pemakaiannya. Gantilah sikat gigi jika sudah usang, sebaiknya gantilah sikat gigi lama dengan yang baru setiap 3 sampai 4 bulan dan pilih sikat gigi berbulu lembut.

15. Minum Teh hijau

Teh hijau kaya akan polifenol dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kandungan belerang di mulut dan juga menjaga mulut tetap terhidrasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini