Vaksin Pfizer Harus Disimpan di Suhu yang Sangat Dingin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 481 2461068 vaksin-pfizer-harus-disimpan-di-suhu-yang-sangat-dingin-VFTksdu2h7.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Prevention)

DISTRIBUSI rantai dingin yang baik tentu sangat diperlukan untuk mendistirbusikan vaksin Covid-19 selama masa pandemi. Sebab beberapa vaksin membutuhkan suhu yang sangat ekstrim.

Ini perlu agar vaksin dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak. Salah satu vaksin yang membutuhkan suhu yang sangat dingin adalah Pfizer yang berbasis messenger RNA (mRNA).

 Vaksin Covid-19

Dalam rapat kerja komisi IX DPR di channel YouTube DPR, Rabu (25/08/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, saat ini Indonesia sudah menerima batch pertama dari vaksin pfizer hasil kerjasama business to business (B2B) dengan Pfizer sebanyak 1,5 juta.

Ia tidak memungkiri bahwa vaksin jenis ini membutuhkan jalur distribusi rantai dingin yang berbeda.

“Pada kesempatan ini, kami juga menggunakan kedatangan Pfizer untuk membangun infrastruktur logistik vaksin nasional dengan rantai dingin sampai dengan suhu –80 derajat celcius. Sebagai masukan, sebenarnya vaksin yang datang ke Indonesia dalam suhu -80 derajat celcius, bisa disimpan sampai dengan enam bulan,” terang Menkes Budi.

Lebih lanjut, Menkes Budi mengatakan jika vaksin Pfizer tersebut dikirim menuju kabupaten atau kota yang saat ini sudah memiliki infrastruktur logistik penyimpanan rantai dinginnya sampai –25 derajat celcius, maka masih tetap bisa dilakukan. Namun, vaksin Pfizer ini hanya bisa bertahan sampai 2 minggu saja dalam suhu tersebut.

“Kemudian nanti vaksin akan dipindahkan ke box-box khusus yang normal digunakan dalam proses vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes), dan itu masih bisa tahan di suhu 2-8 derajat celcius selama 4 minggu,” lanjutnya.

Menkes Budi menambahkan bahwa jika dilihat dari progresnya, dapat disimpulkan bahwa vaksin Pfizer ini selama masih bisa disuntikkan dalam waktu 6 minggu, maka bisa menggunakan jalur logistik rantai dingin yang ada saat ini. Sebab sampai saat ini jalur logistik rantai dingin yang dimiliki pada level kabupaten kota hanya sampai –25 derajat celcius.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini