Hari Anjing Sedunia, Ini Manfaat Pelihara Anjing bagi Kesehatan Mental

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 481 2461299 hari-anjing-sedunia-ini-manfaat-pelihara-anjing-bagi-kesehatan-mental-aQ1X4cEKxL.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

HARI anjing sedunia atau International Dog Day jatuh pada 26 Agustus setiap tahunnya. Tentunya ini bisa menjadi momentum para pemilik anabul, mencurahkan perhatiannya kepada hewan peliharaannya.

Selain lucu dan menggemaskan, ternyata anjing juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental seseorang. Ya, tanpa disadari hewan berbulu ini bisa membuat kita aktif loh. Merangkum dari Pets Webmd, Kamis (26/8/2021) berikut manfaat memelihara anjing bagi kesehatan mental manusia.

1. Menjadi sahabat yang baik

Manfaat Pelihara Anjing

Hidup dengan hewan peliharaan membuat seseorang menjadi tidak kesepian setiap kali berada di rumah. Pemilik hewan peliharaan mengatakan mereka merasa tidak sendirian dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Selain itu hewan peliharaan juga dapat membantu seseorang terhubung dengan orang lain di sekitar. Misalnya, pemilik anjing cenderung bertemu tetangga dan terhubung dengan orang-orang di komunitas mereka.

2. Penyemangat

Hanya dengan melihat hewan peliharaan, mungkin seseorang akan merasa lebih bahagia. Studi menunjukkan bahwa kontak mata dengan anjing dapat melepaskan hormon yang membuat Anda merasa bahagia. Hormon ini disebut oksitosin dan kadang-kadang disebut hormon cinta. Ini memberikan booster terhadap suasana hati seseorang.

3. Memperoleh rutinitas yang sehat

Manfaat Pelihara Anjing

Memiliki hewan peliharaan berarti harus mengurus kebutuhannya setiap hari. Menyiapkan jadwal untuk memberi makan, merawat, dan melatih hewan peliharaan adalah cara yang baik untuk memberikan stabilitas dan prediktabilitas dalam kehidupan seseorang.

Bagi orang yang berjuang dengan kecemasan atau depresi, rutinitas menawarkan perasaan kontrol yang penting. Untuk anak-anak, merawat hewan peliharaan membangun rasa tanggung jawab yang dapat membantu anak-anak dalam tumbuh kembang mereka.

4. Mengurangi stres

Sebagian besar pemilik hewan peliharaan mengetahui bahwa membelai anjing atau kucing adalah cara cepat untuk menghilangkan stres. Selain itu ada juga penjelasan ilmiah tentang bagaimana hewan peliharaan membantu mengatasi kecemasan.

Berada di sekitar hewan peliharaan dapat menurunkan hormon stres kortisol, yang membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini