Benarkah Minum Susu Sebulan Bisa Bersihkan Paru-Paru?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 481 2461488 benarkah-minum-susu-sebulan-bisa-bersihkan-paru-paru-oV2hDbM2jP.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

KEPERCAYAAN minum susu sebelum tes thorax paru-paru masih terus ada di masyarakat. Konsumsi susu dipercaya dapat membersihkan paru-paru sehingga hasil thorax terlihat baik-baik saja.

Padahal, kepercayaan ini sangat sesat. Tidak bisa konsumsi susu langsung membuat paru-paru bersih seketika.

"Jadi, jika masih ada yang percaya minum susu sebulan berharap foto thorax normal atau bersih, itu keliru sekali," tegas Dokter Spesialis Patologi Anatomi dr Evlina Suzanna Sinuraya, Sp.PA, dalam webinar Hari Kanker Paru Sedunia 2021, Kamis (26/8/2021).

Minum Susu

Dokter Elvina menegaskan sekali lagi bahwa tidak ada hubungannya minum susu sebulan full bahkan dengan upaya pembersihan paru-paru. Jadi, untuk Anda yang masih merokok aktif, cara ini tidak dapat mengelabui hasil laboratorium.

Baca Juga : Mau Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini Ya

Kerusakan akibat rokok bukan hanya terjadi di paru-paru, melainkan sampai ke DNA. Sehingga, tidak bisa hanya minum susu paru-paru bisa bersih seutuhnya.

"Untuk bisa membebaskan perokok dari kerusakan paru-paru, dibutuhkan waktu selama 30 tahun dengan terapi sedemikian rupa," papar dr Elvina.

"Jika Anda perokok, risiko penyakit seperti kanker paru sangat nyata adanya. Bahkan, jika aktif merokok, risikonya naik berkali-kali lipat dan proses kerusakan DNA-nya pun akan terus berjalan seiring waktu," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini