10 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Senyum Cemerlang Makin Terpancar!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 481 2461618 10-cara-menghilangkan-karang-gigi-senyum-cemerlang-makin-terpancar-Y92FrH0m4u.jpg 10 cara menghilangkan karang gigi (Foto : Stylecraze)

10 cara menghilangkan karang gigi menjadi penting diketahui. Karena, menjaga kesehatan mulut dan gigi sama pentingnya dengan organ vital lainnya. 

Kebersihan mulut adalah yang paling penting. Menyikat gigi setiap hari, flossing yang tepat, dan pemeriksaan gigi secara teratur penting untuk menjaga kesehatan mulut yang baik.

Menyikat gigi yang tidak tepat dapat menyebabkan pembentukan plak yang jika diabaikan akan membentuk karang gigi. Hal ini akhirnya menyebabkan beberapa penyakit gigi dan gusi lainnya.

Kelalaian sederhana dapat menyebabkan karang gigi menumpuk di gigi Anda dalam hitungan beberapa bulan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan karang gigi dari gigi Anda dan juga mencegah penyakit mulut lainnya. Melansir StyleCraze, berikut adalah 10 cara terbaik untuk menghilangkan karang gigi.

1. Sikat gigi Anda dengan benar

10 Cara Menghilangkan Karang Gigi

(10 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Foto: Boldsky)

Menyikat gigi dengan benar setelah setiap makan mencegah pembentukan karang gigi. Gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menyikat, dan sikat di semua sudut pada semua permukaan gigi sehingga benar-benar bersih. Ingatlah untuk selalu memegang sikat pada sudut 45 derajat terhadap garis gusi.

2. Gunakan Pasta Gigi Fluorida

Pasta gigi berfluoride membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi, yang memperkuatnya dan mencegah gigi berlubang. Menggunakan pasta gigi berfluoride membantu meremineralisasi area yang terkena pembusukan dan melindunginya dari bakteri yang bertanggung jawab untuk pembentukan karang gigi.

Baca Juga : Sisa Makanan Sebabkan Karang Gigi, Ini yang Bakal Terjadi

3. Gunakan Pasta Gigi Khusus Mengontrol Tartar

Pasta gigi pengontrol karang gigi mengandung bahan kimia, seperti pirofosfat, seng sitrat, fluorida, dll. Bahan-bahan ini mencegah pembentukan karang gigi dan memiliki efek antikanker pada gigi Anda. Beberapa pasta gigi pengontrol karang gigi juga ditemukan mengandung antibiotik yang disebut triclosan yang bertanggung jawab untuk membunuh bakteri mulut tertentu.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami, Tak Perlu Langsung ke Dokter!

4. Soda Kue

Soda kue dapat menenangkan gigi dan gusi serta memberikan efek antibakteri pada plak dan karang gigi. Ini bisa membantu dalam mencegah karang gigi dan memutihkan gigi Anda.

5. Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antimikroba dan mengandung antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan gusi dengan menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh bakteri. Ini dapat membantu mencegah karang gigi dan karies.

6. Obat kumur

10 Cara Menghilangkan Karang Gigi

(10 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Foto: Boldsky)

Obat kumur dan hidrogen peroksida keduanya bersifat antimikroba. Solusi ini membantu melonggarkan dan menghilangkan karang gigi.

7. Minyak biji wijen

Minyak wijen kaya akan senyawa bioaktif yang menunjukkan sifat antioksidan, detoksifikasi, dan antibiotik. Ini secara tradisional digunakan untuk menarik minyak karena dapat mengurangi gingivitis yang diinduksi plak dan cedera radikal bebas yang menyertai karies gigi.

8. Floss secara teratur

Flossing adalah cara terbaik untuk menghilangkan plak dan partikel makanan di antara gigi. Flossing gigi mencegah pembentukan karang gigi dan membantu Anda menjaga kebersihan mulut yang baik. Floss tidak hanya membersihkan sela-sela gigi tetapi juga sela-sela gusi, sehingga mencegah karies gigi dan penyakit gusi.

9. Gunakan Tusuk Gigi

Anda dapat menggunakan tusuk gigi (tersedia di toko) untuk menghilangkan karang gigi yang mengeras dari gigi Anda. Ini dapat membantu Anda mengikisnya dengan lembut.

10. Ekstrak Sanguinaria

Ini adalah bahan umum dalam pasta gigi karena merupakan agen antimikroba dan dapat mengurangi tingkat plak gigi. Oleh karena itu, dapat digunakan dalam mengurangi plak gigi dan gingivitis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini