Rajin Pakai Hand Sanitizer? Sedia Pelembap Biar Kulit Gak Kering

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 611 2461724 rajin-pakai-hand-sanitizer-sedia-pelembap-biar-kulit-gak-kering-j5f1NLhwd4.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

APAKAH Anda termasuk orang yang merasa telapak tangan lebih kering dari biasanya selama pandemi Covid-19 ini? Jika iya, mungkin kebiasaan cuci tangan mengenakan hand sanitizer bisa jadi penyebabnya.

Hal itu sangat mungkin terjadi. Sebab, lapisan terluar kulit mengalami gesekan yang berulang kali dan kondisi ini bisa diatasi dengan mudah menggunakna pelembap tangan.

"Lapisan terluar kulit itu terdiri dari minyak dan lilin dan itu berfungsi sebagai pelindung dari apapun yang ada di luar dan menjaga kelembapan alami kulit. Nah, penghalang alami ini bisa pecah akibat busa yang dibuat sabun saat cuci tangan," papar Dermatologis di UCLA Health - Santa Monica Medical Center, Sara Hogan, MD, dikutip dari UCLA Health, Jumat (27/8/2021).

Sayangnya, kata Hogan, minyak di kulit tidak bisa membedakan mana itu busa sabun, mana bakteri atau virus atau kotoran lainnya. Sehingga, pemecahan alami minyak di kulit tetap terjadi.

Hand Sanitizer

Kondisi akan semakin parah jika seseorang tidak mengoleskan pelembap kulit usai cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Ketika kulit sudah kering, risiko masalah lain pun bisa terjadi.

"Jadi, kalau kulit sudah kering, masalah lain seperti kulit kemerahan, gatal, pengelupasan, rasa tidak nyaman, dan dalam kasus yang parag yaitu terjadi retakan di kulit, sangat bisa terjadi," papar Hogan.

"Bahkan, mereka yang sudah memiliki masalah seperti eksim lalu tidak memerhatikan kelembapan kulit, akan memperburuk gejalanya," lanjutnya.

Tak hanya menyalahkan sabun ataupun hand sanitizer, berada lama di dalam ruangan ber-AC yang dilakukan banyak orang di masa pandemi pun membuat kulit kering semakin banyak dialami masyarakat. Sehingga, diingatkan sekali lagi untuk pastikan kulit terjaga kelembapannya dan ini bisa dilakukan dengan mengoleskan lotion pelembap yang ada baiknya berbahan alami.

"Keseringan mencuci tangan membuat tangan terasa kesat bahkan menjadi kering. Untuk itu, rutin mengaplikasikan produk body care yang aman dan lembut harus diperhatikan. Tak hanya itu, kebiasaan mandi pun menjadi penting agar memastikan kulit seluruh tubuh terjaga kelembapannya," ungkap Riorita Tandyputri, seorang brand manager Sukin Indonesia yang juga merupakan expert di bidang body care.

Produk lotion pelembap berbahan alami, sambungnya, akan memberi manfaat ekstra karena memastikan kesehatan kulit menyeluruhn. "Bahan alami menjamin nutrisi yang lebih baik dan meminimalkan risiko iritasi akibat bahan kimia sintesis," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini