Share

Mau Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini Ya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 612 2461372 mau-paru-paru-kuat-saat-terserang-covid-19-rajin-konsumsi-4-bahan-makanan-ini-ya-qFrkuuH6nY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu organ tubuh yang diserang ketika terkena Covid-19 adalah paru-paru. Bahkan, ketika Deddy Corbuzier terkan Covid-19 paru-parunya pun mengalami peradangan dan kerusakan hingga 60 persen.

Kerusakan paru-paru bisa menyebabkan seseorang kesulitan bernapas dan akhirnya meninggal. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda perlu melakukan olahraga teratur dan makan makanan sehat.

Asupan yang baik untuk kesehatan paru-paru tidak hanya sayur dan buah-buahan, tetapi juga bahan-bahan makanan tertentu. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana dilaporkan laman Food NDTV.

 

Kunyit

Selanjutnya ada kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa kurkumin pada kunyit membantu meredakan peradangan saluran udara dan sesak dada yang berhubungan dengan asma.

Paru-paru

Jahe

Jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasi. Namun selain itu, jahe juga membantu detoksifikasi dan menyingkirkan polutan dari paru-paru. Mengonsumsi jahe dapat membantu mengurangi adanya sumbatan di saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru, lebih jauh lagi, jahe bisa meningkatkan kesehatan paru-paru Anda.

Cabai

Siapa yang tidak suka pedas? Kabar baik bagi pencinta pedas, karena cabai diketahui baik untuk kesehatan paru-paru. Cabai mengandung capsaicin yang membantu merangsang sekresi dan melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan atas dan bawah.

Bawang putih

Bawang putih terdiri dari flavonoid. Kandungan tersebut merangsang produksi glutathione yang membantu meningkatkan kemampuan tubuh mengempas racun dan karsinogen. Bawang putih secara umum juga dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini