Mutasi Varian Covid-19 Bisa Langsung Serang Paru-Paru, Benarkah?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 612 2461385 mutasi-varian-covid-19-bisa-langsung-serang-paru-paru-benarkah-GaY1VQa6Xp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VIRUS covid-19 memang telah bermutasi beberapa kali. Dari beberapa mutasi tersebut, salah satu yang disebut paling berbahaya adalah varian Delta dan Delta Plus.

Tapi, varian tersebut disebut berbahaya bukan karena gejala yang ditimbulkan, melainkan kerena sangat mudah menyebar. Dibandingkan varian lama, varian Delta hanya butuh hitungan detik untuk menyebar.

Tapi, baru-baru ini beredar Gejala baru mutasi covid-19 itu tidak menimbulkan panas, tapi menyerang langsung ke paru-paru penderitanya.

Disebutkan juga bahwa tes-tes yang tersedia saat ini seperti swab antigen dan swab PCR tidak dapat mendeteksi varian baru covid-19 tersebut. Lantas, apakah kabar ini fakta atau hoaks belaka?

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, dijelaskan bahwa informasi yang beredar tersebut belum terbukti kebenarannya.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi seperti postingan di media sosial atau pesan berantai di aplikasi chatting.

Pasalnya, belum ada bukti ilmiah terkait gejala baru pada covid-19 yang bermutasi. Menurut dr RA Adaninggar SpPD, covid-19 memang telah bermutasi dan lebih menular. Tetapi, gejalanya masih sama.

Dengan gejala yang masih sama seperti sebelumnya, maka hingga saat ini pun varian baru covid-19 masih bisa terdeteksi dengan tes PCR.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini