Kenali Waktu Tidur Paling Pas agar Imunitas Tinggi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 612 2461447 kenali-waktu-tidur-paling-pas-agar-imunitas-tinggi-dkEDmi6D1i.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA imunitas di masa Pandemi Covid-19 memang sudah lumrah terucap, ketika seseorang bertanya bagaimana cara paling ampuh sembuh dari Covid-19. Pasalnya, semua obat dan vaksin hanya membantu tubuh menciptakan imunitas.

Covid-19 sendiri memang belum memiliki obat, oleh karenanya penanganan Covid-19 lebih kepada penyakit penyerta yang menyebabkan keparahan. Tidak heran jika banyak orang lebih memilih mencegah daripada tidak terobati.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Prikasih, dr. Gia Pratama mengatakan, ada tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem imun umum, salah satunya tidur yang cukup. 

Tidur yang cukup di sini berarti 6-7 jam per hari. Usahakanlah tidur sebelum jam 23.00 dan bangun sebelum pukul 05.00.

"Tidur sebelum jam 11 malam itu untuk detoksifikasi. Bangun sebelum jam 5 memancing nitrit yang membuat pembuluh darah elastis," kata dia.

Kedua, lakukan olahraga 150 menit per minggu yang bisa dibagi menjadi 30 menit per 5 hari. Olahraga yang dimaksud benar-benar untuk meningkatkan denyut jantung semisal berjalan, berlari atau berenang, bukannya menyapu atau mengepel lantai sesuka hati yang sebenarnya masuk dalam kategori aktivitas fisik.

Ketiga, penuhi asupan nutrisi baik itu makro dan mikro. Asupan makronutrisi mencakup tiga hal penting yakni karbohidrat, protein dan lemak sehat.

Umumnya, orang membutuhkan karbohidrat sebanyak 45-65 persen dari total kalori yang didapatkan setiap harinya, protein sebanyak 1 gram per kg berat badan yang artinya seorang pria dengan berat badan 60 kg membutuhkan 60 gram protein per hari.

"Sementara untuk lemak sehat yang salah satunya bisa didapatkan dari buah alpukat umumnya dibutuhkan sekitar 20 persen dari kebutuhan kalori Anda. Lemak ini membantu menyerapan vitamin A,D,E dan K," katanya.

Selain nutrisi makro, jangan lupakan mikronutrisi seperti mineral seperti zinc dan vitamin salah satunya vitamin C yang berperan menjaga imunitas tubuh sekaligus membantu meningkatkan kolagen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini