Tubuh Butuh Vitamin C 1.000 Mg per Hari, Bagaimana dengan Lainnya?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 612 2461539 tubuh-butuh-vitamin-c-1-000-mg-per-hari-bagaimana-dengan-lainnya-WkdvuLuUtb.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Memang, selama Pandemi ini vitamin D banyak direkomendasikan, tapi kecukupan vitamin lainnya, seperti vitamin C juga tidak kalah pentingnya loh.

Lantas, berapa kebutuhan vitamin C minimal setiap harinya? Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Prikasih, dr. Gia Pratama asupan maksimal vitamin C 2000 mg. Tetapi sebenarnya 1000 mg sudah cukup.

"Tergantung kondisi. Setiap individu mempunyai toleransi berbeda terhadap asamnya vitamin C, sehingga ini menjadi pertimbangan dosis vitamin C harian," kata Gia.

Vitamin C

Selain itu, Anda juga perlu asupan vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari. Sinar matahari mengubah pre-D3 menjadi D3 sebagai booster imun. "Bila dana memungkinkan, Anda bisa memeriksa kadar serum level vitamin dalam darah Anda," tuturnya

Zat gizi seperti protein, lemak sehat, vitamin serta zinc bisa Anda dapatkan dari ikan laut seperti tuna, tongkol dan salmon. Anda disarankan mengonsumsinya tiga kali dalam seminggu. Bila makanan ini tak bisa didapatkan, Anda boleh menambahkan suplementasi.

Buah-buahan dan sayuran seperti jambu biji, kiwi, paprika, stroberi, pepaya, jeruk, brokoli, tomat, kale juga mengandung vitamin C dan bagus untuk Anda konsumsi.

"Selain ikan laut, khusus untuk zinc, Anda bisa mendapatkannya dari tofu," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini