15 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami, Murah Meriah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 03:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 612 2461667 15-cara-mengecilkan-perut-secara-alami-murah-meriha-Xs5LVgyZHa.jpg 15 Cara Mengecilkan Perut. (Foto: Shutterstock)

ADA 15 cara mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan di rumah. Memang perut buncit sangat mengganggu penampilan. Tak hanya itu, perut buncit pun bisa membaw penyakit.

Salah satu penyakit yang mungkin terjadi karena perut buncit adalah diabetes. Nah, daripada mengonsumsi suplemen mahal lebih baik mencoba 15 cara ini, seperti dilansir dari WebMD, Wikihow dan timesofindia.

Pantau semua yang dimakan

Banyak orang tidak menyadari seberapa banyak mereka makan atau seberapa sering makan pada siang hari. Membuat buku harian selama beberapa hari dapat membantu Anda menyadari agat diet berjalan lancar.

Makan makanan seimbang

Makan makanan seimbang penting untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi dalam jumlah yang tepat agar Anda merasa kenyang sekaligus mengurangi makan. Pilih buah dan sayuran yang kaya nutrisi dan rendah gula, seperti buah jeruk, kangkung, arugula, dan bayam.

Minum banyak air di antara waktu makan

Air dapat membantu Anda merasa kenyang di antara waktu makan dan menurunkan keinginan ngemil yang bisa menambah berat badan. Anda juga bisa mendapatkan air dari sayuran seperti mentimun, brokoli, dan wortel; serta buah-buahan seperti semangka, plum, dan apel.

Cara mengecilkan perut

(15 Cara Mengecilkan Perut/Shutterstock)

Perbanyak Protein

Protein dapat menurunkan aktivitas di daerah otak yang merangsang keinginan makan. Protein dapat meningkatkan hormon yang membuat Anda merasa kenyang. Dengan begitu, perut Anda jadi tidak gampang merasa lapar untuk jangka waktu yang lebih lama. Pilih protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, atau kacang-kacangan.

Hindari transfat

Periksa label di belakang kemasan makanan untuk mengetahui jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang tidak sehat dan dapat menyebabkan berat badan bertambah. Sementara makanan tanpa kalori harus dihindari. Hindari roti putih, keripik, kue kering, selai, soda, dan makanan tinggi lemak jenuh dan trans seperti margarin, keripik, kerupuk, serta daging olahan.

Konsumsi Sayur dan buah

Konsumsi banyak buah dan sayuran Sayur dan buah kaya akan nutrisi dan kandungan serat yang melimpah. Saat makan serat, Anda akan merasakan kenyang lebih lama karena serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan. Peningkatan asupan serat ini bisa menjadi salah satu langkah penting untuk mengurangi timbunan lemak di perut.

Penuhi serat

Terlalu sedikit asupan serat, cairan, dan aktivitas fisik dapat menyebabkan Anda terserang sembelit, yang dapat menyebabkan perut kembung. Untuk menghindarinya, konsumsilah makanan tinggi serat (25 gram per hari untuk wanita dan 38 untuk pria) mulai dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

Jangan Makan Terlalu Cepat

Makan dengan cepat dan tidak mengunyah makanan dengan baik dapat menyebabkan Anda menelan banyak udara yang menyebabkan perut menjadi kembung. Jadi, usahakan untuk makan secara pelan-pelan dan nikmati hidangan Anda. Aktivitas makan setidaknya harus berlangsung selama 30 menit. Juga, perlu diingat bahwa pencernaan dimulai di mulut dan Anda dapat mengurangi kembung hanya dengan mengunyah makanan secara lebih baik.

Kurangi Minuman Berkarbonasi

Gas dalam minuman berkarbonasi dapat menyebabkan gas terperangkap di perut Anda. Sebagai gantinya, minumlah air yang diberi rasa lemon, jeruk nipis, atau mentimun. Atau cukup kurangi jumlah minuman bersoda yang Anda konsumsi setiap harinya. Cobalah teh peppermint untuk minuman menenangkan yang dapat membantu mengurangi kembung.

Cara mengecilkan perut

(15 Cara Mengecilkan Perut/Shutterstock)

Hindari stres

Hormon stres atau kortisol erat kaiatannya dengan lemak perut dan kenaikan berat badan. Penelitian mengungkap bahwa orang yang memiliki kadar kortisol tinggi untuk jangka waktu yang lama, cenderung mengalami obesitas dan perut buncit.

Tidur cukup

Para pekerja terkadang kurang memperhatikan durasi tidur sehari-hari. Padahal orang-orang yang hanya tidur 5 jam sehari cenderung memiliki perut lebih buncit daripada orang yang tidur selama 7 jam sehari. Kurang tidur bisa memengaruhi proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

Batasi Asupan Sodium

Makanan yang diproses secara tinggi cenderung memiliki kadar natrium yang juga tinggi dan rendah serat. Kedua hal ini dapat menyebabkan rasa kembung yang berdampak pada membuncitnya perut Anda. Biasakan untuk membaca label makanan. Anda hanya boleh mengonsumsi tidak lebih dari 500 mg natrium per porsi dalam produk apapun atau total 1.500 hingga 2.300 mg natrium per hari.

Konsumsi Probiotik

Orang yang kelebihan berat badan dan obesitas terbukti memiliki komposisi bakteri usus yang berbeda dari orang dengan berat badan normal, yang dapat memengaruhi penambahan berat badan dan distribusi lemak. Asupan probiotik secara teratur dapat mengubah keseimbangan menuju flora usus yang bermanfaat, mengurangi risiko penambahan berat badan dan penumpukan lemak di rongga perut Anda.

Olahraga Kardio

Kardio atau latihan aerobik adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ini sangat efektif untuk memperkuat bagian tengah tubuh dan mengurangi lingkar pinggang.

Para ahli biasanya merekomendasikan untuk melakukan latihan aerobik intensitas sedang hingga tinggi selama 150-300 menit setiap minggu, yang berarti kira-kira 20-40 menit per hari. Contoh olahraga kardio yang bisa Anda praktikkan adalah lari, jalan cepat, bersepeda, dan mendayung.

Lakukan Olahraga Sambil Berdiri

Melakukan olahraga sambil berdiri lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda daripada melakukan olahraga sambil duduk atau menggunakan mesin beban. Dengan berdiri, Anda mengaktifkan lebih banyak otot untuk menjaga keseimbangan dan menahan berat badan. Oleh karena itu, Anda akan menghabiskan lebih banyak energi untuk berolahraga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini