Mengenal Belimbing Darah, Buah Eksotis Asli Kalimantan yang Kaya Manfaat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 298 2461854 mengenal-belimbing-darah-buah-eksotis-asli-kalimantan-yang-kaya-manfaat-R5KSdXcvhr.jpg Buah belimbing darah. (Foto: Health Benefits)

KEKAYAAN alam Indonesia benar-benar melimpah dari Sabang sampai Merauke. Bukan hanya soal keindahan biota laut, tetapi juga komoditi buah sangat melimpah di negeri tropis ini. Salah satunya buah belimbing darah.

Buah eksotis asli Kalimantan ini memiliki nama latin Baccaurea Angulata. Buah belimbing darah tergolong kelompok Euphorbiaceae yang ternyata masih sekeluarga dengan menteng dan rambai.

Baca juga: Jangan Remehkan Buah Belimbing, Ini Beragam Khasiatnya untuk Kesehatan 

Secara spesifik, buah ini berbentuk seperti belimbing pada umumnya, tapi tidak terlalu besar. Kulitnya yang tebal dan berwarna merah menyala menjadi daya pikat yang menjadi keunikannya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan akun Instagram @indoflashlight, rasa dari buah belimbing darah adalah asam, manis, segar. Dengan rasa yang sedemikian tersebut, membuat buah ini banyak diburu lho, terlebih lagi karena kelangkaannya.

Buah belimbing darah. (Foto: Health Benefits)

Ya, belimbing darah atau belimbing merah termasuk buah langka yang keberadaannya hanya dapat ditemukan di daerah tertentu, misalnya di Kalimantan, Sumatera, dan sekitarnya.

Lebih lanjut, belimbing darah bisa dimakan langsung, tetapi beberapa orang juga mengolahnya menjadi acar, selai, atau ditambahkan ke berbagai hidangan.

Baca juga: 6 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Masalah Kulit Lho 

Menurut laporan laman Health Benefits, pohon belimbing darah bisa tumbuh hingga 10 meter. Untuk bisa menghasilkan buah, diperlukan waktu sekira 3 tahun sampai akhirnya buah siap dipetik.

"Ini adalah buah musiman yang banyak ditemukan antara Januari hingga Maret," terang laman tersebut, seperti dikutip MNC Portal, Jumat (27/8/2021).

Manfaat Kesehatan Belimbing Darah

Buah ini dipercaya kaya tembaga yang sangat baik untuk memberikan manfaat anti-inflamasi atau anti-peradangan. Beberapa orang percaya bahwa buah ini cukup baik untuk mengatasi radang sendi.

Jika dikonsumsi pagi hari, buah belimbing darah diyakini bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat menjalani hari dengan penuh semangat. Pada akhirnya, imunitas pun meningkat.

Baca juga: Khasiat Belimbing, Cegah Kanker hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Selain tembaga, belimbing darah juga mengandung zat baik lainnya seperti zat besi, zinc, dan mangan yang sangat baik. Selain itu, vitamin serta mineral lainnya pun ada di dalam buah ini dan bermanfaat sekali untuk kesehatan.

"Manfaat kesehatan dari buah ini selain anti-inflamasi adalah membantu masa pertumbuhan tulang, pigmentasi rambut dan mata, menjaga kesehatan tulang, memaksimalkan penyerapan vitamin dalam tubuh, baik untuk otot, hingga mengatur suhu tubuh," ungkap laporan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini