Berapa Sebenarnya Suhu Normal Tubuh Manusia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 481 2461859 berapa-sebenarnya-suhu-normal-tubuh-manusia-eUf9Semp67.jpg Ilustrasi cek suhu tubuh. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

RUTIN mengukur suhu tubuh adalah hal yang dilakukan banyak orang di masa pandemi ini. Setiap memasuki lokasi baru, Anda pasti diminta mengecek suhu tubuh, baik melalui alat otomatis maupun thermogun.

Pengukuran suhu tubuh menjadi standar dasar skrining yang dapat menentukan apakah seseorang dikategorikan sebagai orang yang sehat atau tidak. Di beberapa lokasi, jika menemukan orang bersuhu tubuh di atas 37,2 derajat Celsius, maka dianggap tidak sehat.

Baca juga: Mengenal Belimbing Darah, Buah Eksotis Asli Kalimantan yang Kaya Manfaat 

Lantas, berapa sebenarnya suhu normal tubuh manusia?

Menurut laman Medlineplus, suhu tubuh normal tubuh manusia sangat bervariasi, tergantung usia, aktivitas, hingga waktu pengukuran. Namun, rata-rata suhu tubuh normal itu adalah 37 derajat Celsius.

Cek suhu tubuh. (Foto: Okezone)

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suhu normal manusia itu memiliki rentang yang luas mulai dari 36,1 hingga 37,2 derajat Celsius," terang laporan tersebut, seperti dikutip MNC Portal, Jumat (27/8/2021).

Untuk mendefinisikan demam, biasanya tim medis menetapkan suhu 38 hingga 38,5 derajat Celsius pada orang dewasa. Kondisi ini bisa terjadi kebanyakan karena adanya infeksi atau penyakit tertentu dalam tubuh.

Baca juga: Nagita Slavina Pakai Dress "Murah" saat di Turki, Netizen pun Dibuat Bingung 

"Saat tubuh demam, itu adalah gejala atau tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha melawan penyakit atau infeksi. Jadi, tubuh memanaskan diri secara otomatis karena pada suhu tersebut, sulit bagi virus atau bakteri bertahan hidup," terang laman Health.

"Demam juga adalah proses tubuh mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, demam ini adalah suatu tanda bukan masalah penyakit itu sendiri," lanjut laporan tersebut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini