Kebutuhan Durasi Tidur Setiap Usia Berbeda, Simak Panduan Ini!

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Minggu 29 Agustus 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 481 2461900 kebutuhan-durasi-tidur-setiap-usia-berbeda-simak-panduan-ini-moJUQ49XPf.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

TIDUR cukup membuat kesehatan lebih terjaga dan terhindar dari penyakit. Dengan begitu, seseorang menjadi lebih berkualitas dalam menjalani keseharian.

Sedangkan, kurang tidur dapat menyebabkan kesehatan seseorang terganggu. Masih banyak orang mengabaikan pola tidur mereka untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Kebutuhan tidur setiap kelompok usia berbeda-beda. Karenanya, penting mengetahui kebutuhan tidur sesuai usia.

Berikut, melansir dari Kementerian Kesehatan Indonesia, berapa saja durasi yang ideal untuk seseorang melakoni pola tidur dalam sehari berdasarkan umur:

Kebutuhan Tidur Sesuai Usia

1.Usia 0-1 Bulan

Bayi yang usianya baru mencapai 2 bulan, umumnya membutuhkan tidur 14-18 jam setiap hari.

2.Usia 1- 18 Bulan

Pada usia ini, bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam setiap hari termasuk tidur siang. Tidur cukup akan membuat tubuh dan otak bayi berkembang baik dan normal.

Baca Juga : Mau Tidur Cepat dan Nyenyak? Terapkan Teknik 6T Ini

3.Usia 3-6 Tahun

Kebutuhan tidur yang sehat di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang. Menurut penelitian, anak usia di bawah enam tahun yang kurang tidur, akan cenderung obesitas di kemudian hari.

4.Usia 6-12 tahun

Anak di usia ini membutuhkan waktu tidur sebanyak sepuluh jam. Menurut penelitian, anak yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, dapat menyebabkan mereka menjadi hiperaktif, tidak konsentrasi belajar, dan memilki masalah pada perilaku di sekolah.

5.Usia 12-18 tahun

Menjelang remaja, kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. Studi menunjukkan bahwa remaja yang kurang tidur, lebih rentan terkena depresi, tidak fokus dan punya nilai sekolah yang buruk.

6. Usia 18-40 tahun

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 - 8 jam setiap hari. Para dokter menyarankan bagi mereka yang ingin hidup sehat untuk menerapkan aturan ini pada kehidupannya.

7. Lansia

Kebutuhan tidur terus menurun, cukup 7 jam perhari. Demikian juga jika telah mencapai lansia yaitu 60 tahun ke atas, kebutuhan tidur cukup 6 jam per hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini