Waspada Asam Urat Menyerang pada Malam Hari, Kenali Gejalanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 481 2461916 waspada-asam-urat-menyerang-pada-malam-hari-kenali-gejalanya-Z2KyaSthnd.jpg Ilustrasi asam urat. (Foto: Shutterstock)

POLA makan kurang sehat dan tidak terkontrol menyebabkan seseorang berisiko menderita asam urat. Asam urat atau gout adalah bentuk yang kompleks dari radang sendi yang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin.

Asam urat ditandai dengan rasa sakit yang tiba-tiba menjadi parah, bengkak, kemerahan, serta nyeri tekan pada satu atau lebih sendi. Namun, rasa sakit akibat asam urat paling sering dialami pada jempol kaki.

Baca juga: Asam Urat Kumat Nyeri Luar Biasa, Atasi dengan Resep Herbal Ustadz Dokter Zaidul Akbar 

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba dan seringkali menyerang pada tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terserang asam urat akan terasa panas dan bengkak sehingga menyebabkan rasa sakit bila tersentuh benda halus sekalipun.

Asam urat. (Foto: Imgkid)

Dikutip dari laman Mayoclinic, Jumat (27/8/2021), perlu diketahui bahwa tanda dan gejala asam urat hampir selalu terjadi secara tiba-tiba. Namun, sebaiknya seseorang waspada karena penyakit ini seringkali menyerang pada malam hari.

Berikut tanda-tanda maupun gejala seseorang mengalami asam urat.

Baca juga: Kebanyakan Makan Jeroan Bikin Asam Urat, Ini 5 Pertolongan Pertamanya 

1. Nyeri sendi yang intens

Asam urat biasanya memengaruhi jempol kaki, tetapi dapat terjadi pula pada sendi mana pun. Sendi lain yang sering terserang asam urat diantaranya: pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari.

Rasa sakit akibat asam urat kemungkinan akan paling parah pada empat sampai 12 jam pertama setelah terserang.

2. Ketidaknyamanan yang berkepanjangan

Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung mulai dari beberapa hari hingga beberapa pekan. Serangan selanjutnya cenderung bertahan lebih lama dan memengaruhi lebih banyak sendi.

Baca juga: Ini Dia 5 Tips Sederhana Cegah Sakit Asam Urat 

3. Peradangan serta kemerahan

Sendi atau persendian yang terkena menjadi bengkak, nyeri tekan, hangat dan merah. Kondisi ini membuat rentang gerak seseorang menjadi terbatas. Saat asam urat berlanjut, seseorang mungkin tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini