IG Live MNC Peduli x Alodokter, Jessica Tanoesoedibjo: Agar Aman, Konsultasi ke Dokter Saat Isoman

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 612 2462329 ig-live-mnc-peduli-x-alodokter-jessica-tanoesoedibjo-agar-aman-konsultasi-ke-dokter-saat-isoman-sdI1xVhYGX.jpg Talkshow MNC Peduli.

SEBAGAI wujud kepedulian kepada masyarakat di masa pandemi, MNC Peduli bersama Alodokter memberikan informasi terkait isolasi mandiri atau isoman di rumah.

Dikemas dalam program bincang-bincang yang hangat, paparan informasi itu dilakukan melalui Instagram Live di akun @mncpeduli.id dan @alodokter_id.

Seperti kita pahami, isolasi mandiri merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 tanpa gejala maupun dengan gejala ringan. Biasanya isolasi mandiri dilakukan selama 14 hari bagi orang yang terpapar untuk menghindari penularan Covid-19.

Pada masa pandemi, isoman tentunya menjadi hal yang perlu diketahui oleh masyarakat umum sebagai antisipasi apabila terdapat situasi mendadak. Untuk itu, informasi lebih detail menjadi penting untuk disimak.

Berangkat dari hal itu, maka MNC Peduli menggelar program talkshow mengenai tata cara isoman yang aman dan nyaman. Hadir selaku narasumber adalah dr. Abi Noya dari Alodokter yang berbincang bersama Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo.

MNC Peduli

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, bahwa sebelum PPKM berlangsung kasus Covid-19 di Indonesia meningkat drastis. Terutama kasus di daerah-daerah di mana banyak rumah sakit kewalahan menghadapi membludaknya pasien Covid-19. Sebagai solusinya, pasien yang bergejala lebih ringan disarankan untuk isolasi mandiri.

“Maka dari itu kita perlu berkonsultasi dengan para profesional terkait isoman di rumah dengan aman,” jelas Jessica.

Dalam bincang-bincang tersebut dr. Abi Noya menjelaskan, bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus positif Covid-19 terbesar di Asia.

“Hal tersebut cukup memprihatinkan apalagi fasilitas rumah sakit di Indonesia belum sepenuhnya merata ke seluruh pelosok. Terlebih di kota-kota besar juga, bed occupancy rate yang sempat kritikal kondisinya benar-benar penuh hingga beberapa pasien harus dirawat di IGD dulu sebelum masuk ke kamar perawatan,” jelasnya.

Sebagai antisipasi, maka masyarakat perlu mengetahui tata cara isolasi mandiri di rumah yang sehat dan aman. Menurut dr. Abi, apabila seseorang maupun keluarganya terpapar, hal pertama yang paling penting adalah jangan panik, tenangkan diri sehingga dapat menjernihkan pikiran agar dapat memikirkan langkah-langkah selanjutnya yang perlu dilakukan.

Kedua, cukupkan diri Anda dengan informasi Covid-19 dari sumber yang valid.

Dalam Instagram Live juga dijelaskan kriteria bagi masyarakat terpapar Covid-19 yang ingin melaksanakan isoman yaitu:

1. Orang yang sakit namun masih bisa melakukan aktivitasnya dengan mandiri atau tingkat kesadarannya masih bagus

2. Lihat dari gejalanya, yaitu gejala ringan atau tidak bergejala

3. Lihat riwayat penyakitnya, apakah memiliki penyakit berat atau komorbid. Jika ada penyakit penyerta akan lebih baik jika dirawat di rumah sakit.

4. Akan lebih baik jika mempunyai kamar terpisah dengan sinar matahari dan ventilasi yang baik atau bisa juga gunakan air purifier dengan HEPA.

Selain itu, apabila sedang melaksanakan isolasi mandiri maka berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Pantau diri dengan termometer dan oximeter setiap harinya

2. Gunakan masker

3. Siapkan disinfektan pada area yang digunakan bersama atau barang yang disentuh oleh orang yang positif Covid-19

4. Pisahkan barang-barang pribadi pasien positif seperti alat makan maupun cuci baju sendiri

Lebih lengkap tentang isoman, simak obrolan Jessica Tanoesoedibjo dan dr. Abi Noya dari Alodokter pada link ini.

Untuk diketahui, MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini