Dokter Gizi Beberkan Makanan Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 611 2462564 dokter-gizi-beberkan-makanan-antioksidan-yang-baik-untuk-kesehatan-kulit-yAvgPpY04Y.jpg Ilustrasi makanan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. (Foto: Pixabay)

ADA beberapa makanan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan kulit yang indah, sehat, dan seimbang. Kemudian dapat melengkapi keampuhan dari rangkaian perawatan kulit yang sedang dijalani karena memberikan efek perlindungan pada skin barrier.

"Tidak perlu cari makanan yang susah-susah ya. Misalnya kita googling yang disarankan golongan berries. Itu kan agak susah ya dapatinnya di Indonesia, padahal antioksidan ini ada di banyak bahan makanan asal Indonesia juga. Seperti nanas, jeruk, dan sayuran hijau," kata dokter spesialis gizi Arti Indira dalam sebuah konferensi pers virtual, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (28/8/2021).

Baca juga: Gaya Memesona Artis-Artis Pakai Kebaya Hitam, Ada Yuni Shara hingga Ariel Tatum 

Ia menambahkan, antioksidan alami biasanya terdapat pada bahan makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Tidak tertinggal, ada juga pada bahan makanan yang mengandung polifenol seperti pada golongan teh, baik teh hitam maupun teh hijau.

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

"Tidak perlu ketat atau bingung, karena itu ada dikonsumsi makanan sehari-hari," kata dr Arti yang merupakan lulusan FKUI.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Khas Vietnam Ini Bisa Tingkatkan Imunitas, Patut Dicoba 

Antioksidan adalah zat baik untuk tubuh karena bisa menangkal partikel radikal bebas yang seringkali merusak sel-sel tubuh bahkan DNA sehingga menjadi potensi penyakit kronis.

Radikal bebas juga mengincar dan merusak kesehatan kulit, maka tidak jarang ditemukan orang yang kekurangan antioksidan mengalami kondisi penuaan dini dan memiliki kondisi kulit yang kusam dan terlihat tidak sehat.

Tentunya konsumsi antioksidan yang rutin mengecilkan potensi terpapar radikal bebas, dan agar lebih optimal juga harus menghindari kebiasaan merokok ataupun minum minuman keras yang menjadi sumber partikel radikal bebas.

Baca juga: Hotman Paris Telusuri Obat yang Bikin Deddy Corbuzier Sembuh dari Badai Sitokin 

Selain menjaga tubuh agar bisa terlindungi lewat antioksidan alami, Anda juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan rangkaian perawatan kulit atau skin care yang menggandung bahan-bahan tinggi antioksidan.

Misalnya seperti serum atau vitamin C sehingga kulit Anda bisa terlindungi dengan maksimal dan dapat tetap dalam kesehatan yang prima.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini