5 Manfaat Minum Air Kelapa Murni yang Tak Sekedar Segarkan Tenggorokan

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 29 481 2462824 5-manfaat-minum-air-kelapa-murni-yang-tak-sekedar-segarkan-tenggorokan-OMEhXBpuLA.jpg Air kelapa murni (Foto : Dailyhunt )

MINUM air kelapa memang menyegarkan tenggorokan saat haus. Tapi, manfaat minum air kelapa murni secara rutin tak sekedar menyegarkan tenggorokan lho.

Air kelapa mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat baik bagi tubuh Anda. Pasalnya kandungan dari air kelapa dikemas dengan karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

Tak heran bila air kelapa sering menjadi pilihan sebagian orang untuk menjaga kesehatan, terutama mereka yang rajin olahraga. Faktanya, penelitian menunjukkan, minum air kelapa itu dapat dengan mudah menggantikan minuman olahraga biasa Anda menjadi lebih sehat, rendah kalori, tinggi kalium, lebih sedikit natrium dan tinggi elektrolit.

"Air kelapa adalah minuman yang lezat, bergizi, menyegarkan dan alami yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Ini adalah minuman alternatif yang baik sebagai pengganti soda atau minuman berkarbonasi. Ini adalah sumber vitamin (A, C) dan mineral yang sangat baik ( Ca, K, Mg, Mn)," kata Ahli Gizi Garima Goyal.

Secara keseluruhan, berikut 5 manfaat minum air kelapa murni yang dikutip dari Thehealthsite, Senin (30/8/2021).

1. Melancarkan dan memperbaiki pencernaan

Air kelapa

Air kelapa secara alami menyegarkan dan mengurangi jumlah natrium yang ada dalam tubuh kita yang bertanggung jawab dalam mengatasi rasa kembung dan gas yang terdapat pada perut. Air kelapa juga mengandung serat yang tinggi sehingga mampu memberi dorongan dan memperbaiki sistem pencernaan.

Baca Juga : Cek Fakta, Air Kelapa Muda Ampuh Cegah Covid-19?

2. Mencegah dehidrasi

Air kelapa di nilai baik menjadi salah satu obat terbaik untuk dehidrasi dan mabuk. Maka dari itu minuman ini dipilih ketika sehabis berolahraga. Meminum air kelapa tidak hanya menyegarkan saja tetapi juga memiliki manfaat mengisi kembali nutrisi yang hilang dalam tubuh Anda.

3. Memperkuat tulang

Manfaat air kelapa selanjutnya ternyata dapat memperkuat sistem tulang dalam tubuh kita loh. Maka dari itu dengan demikian air kelapa sangat bagus untuk mencegah timbulnya penyakit dini seperti osteoporosis, radang sendi dan osteopenia.

4. Mencegah keasaman

Kandungan dasyat dari air kelapa dipercaya dapat menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh Anda dan juga membantu mengatasi keasaman dan mulas.

5. Menurunkan tekanan darah

Anda perlu tau akan hal ini bahwa menkonsumsi air kelapa ternyata dapat mencegah pembentukan gumpalan darah dalam tubuh, selain itu dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Itulah sebabnya jika Anda sedang menjalani masa diet sertakan minuman serbaguna ini menurunkan tekanan darah, hipertensi, dan kolesterol.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini