Cegah Osteoporosis, Lakukan Ini Sejak Muda untuk Memadatkan Tulang

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 481 2463068 cegah-osteoporosis-lakukan-ini-sejak-muda-untuk-memadatkan-tulang-eOdLRCWVTg.jpg Ilustrasi mencegah osteoporosis. (Foto: Shutterstock)

OSTEOPOROSIS merupakan penyakit yang banyak diderita ketika orang-orang sudah berusia tua. Tapi ternyata ada cara efektif mencegahnya sejak usia muda, yakni menerapkan pola hidup sehat hingga usia 30 tahunan. Ini sama halnya dengan menabung tulang yang bisa berdampak positif untuk kepadatan tulang sekaligus mencegah terkena osteoporosis di usia tua nanti.

Dokter spesialis orthopedi dan traumatologi dari Universitas Indonesia Omar Lutfi SpOT mengatakan langkah pencegahan yang disebut juga "menabung tulang" itu antara lain melalui rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan bernutrisi yang cukup untuk tubuh.

Baca juga: Dokter Tegaskan Tidak Semua Kasus Saraf Terjepit Perlu Dioperasi 

"Dari muda sampai usia 30 tahunan itu kita menabung tulang dengan beraktivitas yang bagus, makan yang bagus, kepadatan tulang akan tinggi," kata dr Omar dalam sebuah webinar kesehatan, Minggu 29 Agustus 2021, seperti dikutip dari Antara.

Ilustrasi osteoporosis.

Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) ini menuturkan bahwa puncak kepadatan tulang terjadi saat seseorang berusia 20 hingga 30 tahun, lalu berkurang setelah usia 35 tahun.

Baca juga: Beautypedia: Mengenal Purging, Ketika Skincare Tak Cocok dengan Kulit Wajah 

"Setelah di atas usia 35 tahun biasanya kepadatan tulang akan mulai berkurang. Tetapi bila saat muda kepadatannya bagus, pada umumnya ketika tua kita tabungannya masih banyak," tuturnya.

Selain rutin berolahraga dan asupan makanan bernutrisi dalam jumlah cukup termasuk kalsium dan vitamin D melalui berjemur di bawah sinar matahari, Anda juga disarankan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan ostroporosis seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Menurut dr Omar, dua kebiasaan buruk itu secara signifikan bisa menurunkan kepadatan tulang. Merokok khususnya juga dikaitkan dengan munculnya masalah kesehatan lain salah satunya risiko terkena kanker paru hingga 50 kali lipat.

Pada mereka khususnya lansia yang mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang, terjadi micro fracture atau tulang retak dalam kondisi sangat mikro. Kondisi ini bisa mempengaruhi postur tubuhnya seperti membuatnya membungkuk.

Baca juga: Dokter Reisa: Habis Kontak dengan Penderita Covid-19 Jangan Langsung Dites 

Ilustrasi osteoporosis. (Foto: Diana Grytsku/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini