Begini Cara Pakai Makeup di Kulit Berjerawat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 611 2463405 begini-cara-pakai-makeup-di-kulit-berjerawat-2hNbgjZYOG.jpg Pakai make up (Foto: Skulp makeup academy)

PUNYA kulit berjerawat memang bikin kurang nyaman saat pakai makeup. Apalagi menerapkan riasan yang berat atau sarat dengan bahan kimia keras dapat mendatangkan hal yang kurang baik pada kulit berjerawat.

Namun Anda tak usah khawatir, berikut ini beberapa tips menggunakan makeup pada kulit yang berjerawat, sebagaimana dilansir Bebeautiful. Simak yuk!

 pakai makeup

1. Pilih produk makeup Anda dengan bijak

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memiliki kulit berjerawat adalah memilih produk makeup yang tidak akan memperburuk atau mengiritasi kulit Anda. Jadi, hindari riasan dengan bahan-bahan seperti parafin, ftalat, isopropil miristat, atau petrolatum.

Mereka dapat menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat di wajah Anda. Carilah produk yang memiliki label non-comedogenic, hyaluronic acid, dan hypoallergenic.

Selain itu, penting untuk memiliki rutinitas perawatan kulit sehari-hari yang sehat untuk merawat kulit Anda yang rentan jerawat agar tetap tenang dan bebas iritasi.

2. Gunakan primer

Penting untuk menerapkan primer sebelum merias wajah, terutama jika Anda memiliki kulit berjerawat. Ini tidak hanya membantu riasan bertahan lebih lama tetapi juga menghaluskan pori-pori Anda.

Hindari alas bedak yang berbahan dasar minyak. Memilih alas bedak yang tepat sangat penting saat merias wajah pada kulit yang rawan jerawat. Pilih foundation dengan bahan dasar minyak karena ringan di kulit dan mudah menyatu.

3. Selalu gunakan kuas dan spons riasan yang bersih

Sangat penting untuk diingat bahwa jangan pernah berbagi kuas makeup Anda dengan siapa pun atau menggunakan spons dan kuas yang kotor.

Kuas dan spons rias yang tidak dicuci berfungsi sebagai tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri, yang dapat merusak kulit Anda dan memperburuk iritasi atau berjerawat.

Jadi, pastikan Anda membersihkan kuas makeup Anda setiap kali selesai digunakan dan jangan pernah membagikannya kepada siapa pun.

4. Gunakan korektor warna

Jerawat dapat menyebabkan kemerahan, bekas luka dan perubahan warna pada wajah Anda; di situlah korektor warna datang untuk menyelamatkan.

Sebelum mengoleskan foundation dan concealer, gunakan korektor warna hijau untuk menyembunyikan dan menetralisir bekas luka atau kemerahan.

5. Selalu hapus riasan Anda di penghujung hari

Terakhir, selalu ingat untuk menghapus riasan Anda di malam hari. Membersihkan wajah di malam hari sangat penting agar Anda dapat tidur dalam keadaan wajah bebas dari makeup dan kotoran.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini