Ini Berbagai Makanan Bergizi Guna Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 298 2464057 ini-berbagai-makanan-bergizi-guna-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-WqtTNBVlxC.jpg Ikan penuh protein (Foto: Eating well)

DI tengah pandemi Covid-19, konsumsi makanan bergizi sangat dianjurkan sebab daya tahan tubuh sangat diperlukan agar seseorang tidak mudah jatuh sakit.

Alhasil mengonsumsi lima porsi sayur dan buah setiap hari dapat membantu tubuh seseorang mendapatkan vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk memperhatikan asupan vitamin dan mineral seperti Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, dan juga Zinc.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), berikut berbagai makanan bergizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

 bayam

1. Vitamin A

Berfungsi untuk mengatur sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap infeksi.

Vitamin A dapat ditemukan pada wortel, brokoli, ubi jalar, bayam, minyak ikan dan kuning telur.

2. Vitamin E

Berfungsi sebagai antioksidan yang menetralkan radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin E dapat ditemukan pada almond, minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

3. Vitamin C

Berfungsi untuk membantu pembentukan antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat diperoleh dari pepaya, stroberi, jeruk, tomat, jambu biji, dan kiwi.

 

4. Zinc

Berfungsi untuk mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh, Zinc dapat diperoleh dari mengonsumsi seafood, daging sapi, hati ayam, telur, dan keju.

Selain vitamin dan mineral tersebut, zat gizi lain yang ada dalam bahan makanan juga bermanfaat bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah B6, Folat, Selenium, dan Fe. Hidup sehat bisa dimulai dari makanan yang dikonsumsi. Tidak perlu mahal, karena banyak bahan makanan sehat yang ada di sekitar kita.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini