Share

Keluar Rumah Bikin Virus Nempel di Tubuh, Dokter Bagikan Solusinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 481 2463897 keluar-rumah-bikin-virus-nempel-di-tubuh-dokter-bagikan-solusinya-XLl7qimeKC.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PENERAPAN PPKM yang dinilai semakin baik memungkinkan sebagian orang lebih leluasa keluar rumah. Mobilisasi pun sudah terlihat pergerakannya di beberapa lokasi.

Untuk mereka yang sudah harus keluar rumah dalam berkegiatan, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M. Faqih menyarankan agar memastikan protokol kesehatan tiba di rumah harus kembali dijalankan. Sebab, ketika keluar rumah, banyak virus atau mikroorganisme lain yang menempel di tubuh maupun pakaian.

"Ketika keluar rumah, tubuh maupun pakaian yang dikenakan itu penuh dengan kuman. Karena itu, kalau tiba di rumah, jangan langsung peluk-peluk anak atau bersinggungan dengan anggota keluarga," paparnya dalam webinar kesehatan, Selasa (31/8/2021).

Mandi

Jadi, setelah sampai di rumah, saran Daeng, Anda wajib mandi. Penggunaan sabun antiseptik direkomendasikan untuk memastikan kuman yang menempel di kulit bisa disingkirkan.

"Ingat, anggota keluarga yang hanya di rumah saja bisa terpapar virus karena kedatangan Anda. Jadi, pastikan mandi yang bersih dari ujung kepala sampai kaki. Lalu, pakaian yang dipakai keluar rumah langsung ditempatkan di tempat cuci," Daeng mengingatkan.

"Dengan begitu, saat Anda pulang ke rumah, keamanan dan kebersihan terjaga. Keluarga yang menanti di rumah tidak terpapar mikroorganisme atau kuman yang secara tidak sengaja nempel dan masuk ke tubuh kita," sambungnya.

Baca Juga : Cara Dian Sastro Ajarkan Anak Patuh Protokol Kesehatan

Di kesempatan itu pun Daeng memberikan sedikit tips sehat menjamin kebugaran untuk Anda yang sudah mulai beraktivitas di luar rumah. Apa saja?

1. Pastikan daya tahan tubuh baik dengan istirahat yang cukup, jangan begadang.

2. Konsumsi suplemen disarankan, tapi pilih yang kandungannya aman dan dosisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

3. Vaksinasi Covid-19. Dengan menerima vaksin, Anda menjamin daya tahan terjaga karena virus SARS-CoV2 yang masuk tidak menginfeksi tubuh dengan parah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini