Share

Simak, Ini Gejala Seseorang Mengidap Demensia

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 481 2463986 simak-ini-gejala-seseorang-mengidap-demensia-LN8jwDAEXk.jpg Demensia (Foto: Istock)

PENYAKIT demensia merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang orang yang lanjut usia. Para pengidap demensia biasanya akan mengalami perubahan perilaku. Salah satunya suka marah-marah dan sedih.

Hal ini diungkapkan Dosen Unika Atma Jaya sekaligus Dokter, dr Tara Puspitarini Sani dalam acara daring, Selasa (31/8/2021).

 demensia

Dokter Tara mengatakan, beberapa gejala orang dengan demensia (ODD) yang bisa mudah ditemukan di antaranya sering lupa, sering kesasar saat keluar rumah. Selain itu juga kadang menaruh barang tidak pada tempatnya.

“Pengidap demensia kadang juga salah dalam memanfaatkan uang,” terang Dokter Tara.

Menurut Dokter Tara, demensia dengan pikun sama. Pengidap ini tidak hanya pada faktor lupa saja. tetapi juga menyangkut perubahan perilaku dan kesalahan pada keputusan.

“Pengidap demensia juga ada gangguan komunikasi dan kesulitan pada psikososial,” terangnya.

Menurut dia, demensia jenis alzheimer paling banyak ditemukan di Indonesia. Dan banyak diidap oleh usia lanjut (Lansia).

Sejatinya, lanjut Dokter Tara, cara guna menghindari demensia dilakukan dengan stimulasi otak atau secara mental dan spiritual. Dengan sering cek kesehatan, menghindari asap rokok, rajin melakukan aktifitas fisik, istirahat yang cukup, juga pandai dalam mengelola stres.

“Kita harus punya waktu untuk mengelola stres. Ini penting agar terhindar dari demensia,” kata Dokter Tara.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini