Cara Dian Sastro Ajarkan Anak Patuh Protokol Kesehatan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 612 2463846 cara-dian-sastro-ajarkan-anak-patuh-protokol-kesehatan-ZrMD4rBskB.jpg Dian Sastro (Foto : Instagram/@therealdisastr)

DIAN Sastrowardoyo punya cara sendiri dalam memberi pemahaman kepada anak-anaknya agar disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Tak sekadar menyuruh, aktris papan atas ini memberi pemahaman logis nan 'saintis'.

Salah satu ajarannya adalah memberi pemahaman pada anak-anaknya bahwa virus memang bukan sesuatu yang bisa dilihat mata, namun keberadaannya nyata.

"Anak-anak itu memang lebih mudah diberi pemahaman ketika mereka bisa melihatnya langsung. Tapi, soal prokes Covid-19 ini, kami enggak berharap mereka paham karena merasakannya sendiri," kata Dian Sastro dalam webinar 'Keluarga Sehat Indonesia Kuat', Selasa (31/8/2021).

Dian Sastro

"Jadi, saya sebagai seorang ibu memberi pemahaman sebuah konsep bahwa meski virus ini tak terlihat mata, tapi keberadaannya benar nyata. Dilihat dari situasi sekarang," tambahnya.

Baca Juga : Ketua IDI: Prokes Harga Mati, Ditinggal Orang Bisa Mati!

Dian pun memberi pemahaman bahwa situasi sekarang berbeda dengan sebelum pandemi. Dari konsep itu juga dia memberi penjelasan ke anak-anaknya bahwa tidak ada yang tahu apakah ada virus atau apapun yang menempel di tubuh.

"Bergerak dari konsep pemahaman yang sudah ditanamkan sebelumnya, ini yang kemudian membuat anak-anak mau disuruh untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Jadi, mereka paham dulu kenapa perintah itu muncul tidak begitu saja diperintahkan tanpa tahu alasannya," papar ibu dari dua orang anak tersebut.

Dian Sastro

"Saat si anak-anak tahu ada virus di mana-mana, mereka jadi mau cuci tangan, enggak sembarang pegang benda-benda yang sering dipegang orang lain di rumah. Jadi aku ajarin konsep tersebut," lanjutnya.

Agar anak-anak melek dengan situasi pandemi, Dian pun mengajak anak-anaknya menyaksikan berita di televisi. Ia mendampingi dan memberi pemahaman mengenai maksud dari berita-berita tersebut.

"Aku dampingi mereka saat melihat berita di televisi. Di luar sana, kataku, ada orang yang tidak seberuntung kita," paparnya.

"Jadi, aku ajarkan semua itu dengan bahasa yang mudah diterima anak-anak tapi mereka jadi paham ketika tertular, ada implikasi yang nyata," tambah Dian Sastro.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini