Cegah Learning Loss, Pemerintah Genjot Vaksinasi Sebelum Sekolah Tatap Muka Dimulai

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 612 2464062 cegah-learning-loss-pemerintah-genjot-vaksinasi-sebelum-sekolah-tatap-muka-dimulai-0cnCcJUEd9.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: AAMC)

SAAT ini pemerintah sedang merencanakan pembelajaran tatap muka alias sekolah tatap muka, yang dimulai pada sejumlah daerah yang berada di wilayah PPKM level 1-3.

Guna mencegah hal yang tidak diinginkan, pemerintah berupaya mempercepat proses vaksinasi Covid-19 dan mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat sebelum sekolah tatap muka dimulai.

Sebagaimana diketahui, sekolah tatap muka penting untuk dilakukan dalam upaya menekan risiko learning loss. Oleh karena itu, demi menjaga kualitas pembelajaran anak Indonesia, pemerintah mendukung pelaksanaan sekolah tatap muka terbatas dengan menggencarkan program vaksinasi bagi seluruh komponen dalam dunia pendidikan.

 sekolah tatap muka

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, learning loss bisa memberikan dampak buruk bagi para siswa. Adapun risiko yang ditimbulkan dari learning loss adalah:

1. Terjadi lantaran peserta didik tidak memperoleh pembelajaran yang optimal

2. Dapat berakibat mengalami kemunduran akademis dan non akademis

3. Pemulihannya bisa memakan waktu hingga 9 tahun

Dengan berbagai risiko tersebut, maka pemerintah berupaya mengambil langkah dengan melakukan persiapapn sekolah tatap muka terbatas yang didorong pada wilayah PPKM level 1-3. Adapun persiapan yang dilakukan adalah:

1. Tetap memprioritaskan keselamatan insan pendidikan

2. Pelaksanaanya mengedepankan kehati-hatian dan protokol kesehatan yang ketat

3. Sekolah harus memenuhi syarat SKB 4 Menteri tentang Pembelajaran di Tengah Pandemi

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini