Komentar Dokter Faheem Younus soal Varian Mu, Eta, dan lota

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 481 2464438 komentar-dokter-faheem-younus-soal-varian-mu-eta-dan-lota-A88Ri5AKJr.jpg Pandemi virus corona (Foto: VOI)

RUPANYA Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan temuan varian baru Covid-19. Mulai dari varian Mu, Eta, hingga lota. Ketiga varian ini masuk ke dalam kategori variant of interest (VOI).

Sampai sekarang, kategori VOI yang dilaporkan WHO ada 5, yaitu Mu (B.1.621), Lambda (C.37), Kappa (B.1.617.1), lota (B.1.526), dan Eta (B.1.525).

 pandemi Covid-19

Terkait dengan kemunculan varian Mu, Eta, dan lota yang mendadak ramai diperbincangkan di media sosial, Pakar Kesehatan Faheem Younus diketahui memberikan komentarnya.

"Bagaimana dengan varian Mu, Eta, lota, dan yang lainnya? Itu semua bukan variant of concern (VOC) atau varian yang perlu diwaspadai semua negara. Meski begitu benar WHO sedang memantau varian-varian tersebut," kata Faheem di Twitter, Rabu (1/9/2021).

Di keterangannya itu pun Faheem menerangkan bahwa cara paling bijak menyikapi laporan WHO mengenai temuan varian-varian baru seperti Mu, Eta, ataupun lota adalah dengan tetap patuh menjalankan protokol kesehatan.

Ini yang akan membuat kita semua tetap aman meski di tengah ancaman mutasi virus setiap harinya.

"Masyarakat seharusnya terus mengenakan masker, mendapatkan vaksinasi. Jangan habiskan waktunya untuk takut dengan setiap kabar yang berkembang," tambahnya.

Varian Mu, Eta, dan lota sendiri hingga sekarang belum dipastikan apakah lebih berbahaya daripada varian sebelumnya. Angka kasus yang belum begitu banyak terjadi di berbagai negara membuat WHO tetap memantau pergerakan varian tersebut.

Meski begitu, seperti yang diterangkan Faheem Younus, yang terpenting sekarang bukan panik melainkan terus patuh menjalankan protokol kesehatan dan dapatkan vaksin Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini