Sudah Berumur, Ini Alasan Seto Mulyadi Tetap Dipanggil Kak Seto

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 612 2464524 sudah-berumur-ini-alasan-seto-mulyadi-tetap-dipanggil-kak-seto-mEHJ57sEwV.jpg Kak Seto (Foto: Inst)

RUPANYA Kak Seto punya nama asli Seto Mulyadi. Pemerhati anak-anak ini sudah dikenal publik sejak lama, namun karakter dan tampilannya tak pernah berubah hingga sekarang.

Kak Seto mulai dikenal publik saat dirinya mengisi acara Aneka Ria Taman Kanak-Kanak bersama Henny Purwonegoro. Di acara itu, Kak Seto mendongeng, memberi pelajaran sambil bernyanyi, bahkan bermain sulap bersama anak-anak.

Menurut beberapa sumber, ilmu yang dia terima saat menjadi asisten Pak Kasur diterapkan di program televisi tersebut. Hasilnya, jangan ditanya. Semua anak-anak suka dan banyak karakter yang diciptakan Kak Seto, misalnya saja Si Komo.

 Kak Seto

Sebagai orang yang dekat dengan anak-anak, Kak Seto tahu betul bagaimana berbaur dengan mereka. Bukan tanpa ilmu, Kak Seto sendiri merupakan seorang lulusan sarjana di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (1981), Magister di Bidang Psikologi Program Pascasarjana Universitas Indonesia (1989), dan meraih gelar Doktor bidang Psikologi Program Pascasarjana Universitas Indonesia (1993).

Terlepas dari itu semua, nama Kak Seto yang disematkan pada pria yang belum lama ini merayakan ulang tahun ke-70 dengan aksi luar biasa, olahraga dan berjoget happy di TikTok, tersebut menjadi sesuatu yang belum banyak diketahui publik.

Ya, kenapa Seto Mulyadi dijuluki Kak Seto? Dari mana asal nama tersebut dan mengapa sampai sekarang nama Kak Seto tetap melekat pada dirinya padahal kenyataannya dia sudah punya cucu dan harusnya disapa 'Kek'?

Kak Seto memaparkan bahwa mengenai nama 'Kak Seto' tersebut, itu datang dari masyarakat luas. Hal ini ada kaitannya dengan dunia anak-anak yang dia tekuni sejak 1970.

"Anak-anak memanggil saya dengan sebutan Kak Seto," kata Kak Seto melalui pesan singkat, Rabu (1/9/2021).

Nah, nama tersebut ternyata menempel terus dalam sosok Kak Seto, meski usianya terus bertambah. Karena sudah lama menyandang sebutan itu, publik pun rasanya tak mau mengganti nama Kak Seto dengan sebutan lain.

"Mungkin karena sudah cukup lama sebutan tersebut, lebih dari setengah abad, akhirnya terus melekat sebagai nama populer saya," terangnya.

Di kesempatan ini, Kak Seto pun sedikit menerangkan bahwa sebutan 'Kak Seto' yang melekat pada dirinya itu sama juga dengan 'Bung Karno' untuk Presiden Soekarno ataupun 'Bang Ali' untuk mantan Gubernur Ali Sadikin.

"Bahkan dari 7 Presiden Indonesia, hanya Bung Karno saja yang tidak memanggil saya dengan sebutan: Kak. Presiden lainnya, mulai dari Pak Harto, Pak Habibie, sampai dengan Pak Jokowi, semuanya memanggil dengan: Kak Seto," ujar Kak Seto.

So, nama Kak Seto akan selalu melekat pada sosok pria bernama Seto Mulyadi. Legasi luar biasa yang tentunya menjadi sejarah dari negara ini dan akan selalu mendapat ruang di hati anak-anak Indonesia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini