3 Cara Sehat Mengolah Sayuran Supaya Nutrisinya Tidak Hilang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 298 2464852 3-cara-sehat-mengolah-sayuran-agar-nutrisinya-tidak-hilang-OpIn1kBjUE.jpg Ilustrasi cara sehat mengolah sayuran supaya nutrisinya tidak hilang. (Foto: Shutterstock)

NUTRISI dalam sayuran adalah bagian penting untuk menambah kesehatan pada tubuh manusia. Para ahli gizi pun menganjurkan rajin mengonsumsi sayuran, terutama bagi mereka yang sedang menerapkan program diet.

Tapi terkadang terjadi kesalahan dalam mengolah sayuran. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya kandungan nutrisi sayuran tetap terjaga saat proses pengolahan.

Baca juga: 5 Sayuran Penurun Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes 

Dikutip dari laman SCMP, salah satu caranya dengan menambahkan sejumput garam ke dalam air rebusan sayuran. Para peneliti telah membuktikan bahwa teknik ini sangat ampuh mempertahankan nutrisi serta menjaga tekstur dan cita rasa sayur agar tetap enak meski telah melalui proses perebusan.

Ilustrasi memasak sayuran. (Foto: Senivpetro/Freepik)

Ketika Anda mencampurkan garam ke dalam panci yang digunakan untuk merebus kentang atau sayur lainnya, garam akan menghentikan proses pelepasan nutrisi yang disebabkan oleh air yang mendidih. Hal ini telah dibuktikan oleh Germany's Federal Centre for Nutrition.

Baca juga: Yuk Ketahui Manfaat Buah dan Sayuran Berdasarkan Warnanya 

Mereka menjelaskan, hampir seluruh jenis makanan atau sayuran yang dikonsumsi sehari-hari mengandung garam. Sehingga ketika menambahkan garam ke dalam air rebusan, tidak akan terjadi perpindahan molekul atau kandungan nutrisi pada sayuran tersebut.

Di sini garam berfungsi menjaga keseimbangan molekul yang terkandung pada sayuran. Jadi seberapa pun suhu air yang Anda gunakan untuk merebus sayuran, nutrisinya tidak akan rusak bila proses pengolahan ini diberi tambahan sejumput garam.

Selain itu, Okezone juga telah merangkum tiga cara sehat mengolah sayuran agar nutrisinya tidak hilang dan rasanya lebih menggugah selera. Berikut ulasannya.

1. Pilihlah bahan yang masih segar

Salah satu hal terpenting untuk membuat makanan sehat adalah memilih bahan yang tepat. Anda bisa memulainya dengan memilih berbagai varian sayuran segar seperti, tomat, asparagus, bayam, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mau Menurunkan Berat Badan saat WFH, Coba Konsumsi 5 Sayuran Ini 

2. Pilihlah teknik pengolahan yang tepat

Setelah bahan-bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah menentukan teknik pengolahan yang tepat. Menurut ahli gizi, merebus, mengukus, dan memanggang merupakan tiga cara terbaik dalam mengolah sayuran. Anda bisa menambahkan minyak zaitun untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Membekukan sayuran

Selain memperpanjang masa konsumsi, banyak yang tidak tahu bahwa membekukan sayuran segar juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengolah makanan sehat. Cukup bumbui potongan sayuran Anda, lalu bekukan dalam freezer selama sebelum diolah. Mudah bukan.

Baca juga: 6 Sayuran yang Bagus untuk Pemulihan Usai Terinfeksi Covid-19 

Sayuran. (Foto: Healththoroughfare)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini