Harga Baru Rapid Antigen Kini Rp99 Ribu, Begini Tanggapan Penyedia Jasa Layanan Tes

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 23:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 481 2465366 harga-baru-rapid-antigen-kini-rp99-ribu-begini-tanggapan-penyedia-jasa-layanan-tes-VxdRmTwiy7.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

HARGA rapid antigen sudah diatur kembali oleh pemerintah dengan batasan termahal yakni Rp99 ribu di Pulau Jawa-Bali. Para penyedia jasa layanan tes usap antigen ini pun mulai mengikuti aturan pemerintah yang berlaku saat ini.

Pada Rabu 1 September 2021, Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen menjadi Rp99 ribu di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian untuk di luar Jawa-Bali, harga RDT Antigen menjadi Rp109 ribu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kemenkes Profesor dr Abdul Kadir mengatakan, penurunan tarif harga rapid antigen ini karena sudah banyak alat tes yang diproduksi dalam negeri. Sehingga stok atau ketersediaan alat menjadi tak langka.

"Alhamdulillah sekarang ini sudah begitu banyak antigen yang diproduksi di dalam negeri dan ini menjadi bahan pertimbangan kita," kata Prof Abdul Kadir.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendongeng untuk Pertumbuhan Anak, Dicoba Bun!

 antigen

Ditanggapi Perwakilan Neoclinic yang juga CEO Ralali.com Joseph Aditya, pihaknya sudah mengikuti aturan pemerintah. Mereka pun sedang memproses kebijakan dengan harga baru.

"Per september ini target sudah rilis dengan harga baru sesuai kebijakan pemerintah yaitu Rp99 ribu," ujarnya lewat keterangan tertulis.

Di samping itu, Josep juga menyediakan layanan Swab Test Home Service, Swab Test Drive Thru/Walk-in. Ditangani langsung dokter dan partner instansi kesehatan resmi, sehingga dapat dipastikan layanan yang diberikan memenuhi standar prosedur kesehatan.

"Kami pun terus berupaya menciptakan solusi kesehatan untuk membantu pemerintah mengurangi jumlah kasus positif Covid-19," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini