Cek Fakta: Benarkah "Air Ajaib" di Banyuwangi Bisa Sembuhkan Covid-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 612 2464871 cek-fakta-benarkah-air-ajaib-di-banyuwangi-bisa-sembuhkan-covid-19-bHxZhCkFy8.jpg Ilustrasi heboh air ajaib di Banyuwangi diklaim bisa sembuhkan pasien covid-19. (Foto: Shutterstock)

BELUM lama ini beredar informasi di media sosial terkait adanya air ajaib yang muncul di Banyuwangi. Air tersebut diklaim bisa menyembuhkan dari covid-19, sehingga membuat warga ramai-ramai meminumnya.

Pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan bahwa tidak ada air ajaib yang dapat menyembuhkan orang dari covid-19.

Baca juga: Cek Fakta: Antibiotik Disebut Bikin Pasien Covid-19 Sesak dan Gangguan Irama Jantung 

"Suatu obat harus terbukti efektif dan aman untuk manusia dan melalui serangkaian penelitian, bukan sebatas dari testimoni semata," terang dr Fajri, dikutip dari akun Instagram-nya @dr.fajriaddai, Kamis (1/9/2021).

Ilustrasi covid-19. (Foto: Shutterstock)

Lantas, mungkinkah air putih diolah khusus untuk menyembuhkan batuk, sesak napas akibat covid-19, dan membuat hasil PCR cepat negatif?

Baca juga: Cek Fakta, Penggunaan Obat dan Ventilator pada Pasien Covid-19 Dianggap Salah 

Menurut dr Fajri, sesuatu baru dinyatakan sebagai obat dari suatu penyakit apabila telah lolos dari serangkaian tahapan penelitian dan uji coba. Suatu obat harus terbukti efektif dan aman untuk manusia dan bukan sebatas dari testimoni semata.

"Testimoni sifatnya sangat subjektif karena kesembuhan atau perbaikan klinisnya tidak diukur secara objektif dan banyak faktor bias," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini