Share

Tak Mau Kena Serangan Jantung di Usia Muda? Coba Terapkan 5 Tips Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 481 2465880 tak-mau-kena-serangan-jantung-di-usia-muda-coba-terapkan-5-tips-ini-ZCpxFpeEQf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENELITI menemukan bukti bahwa serangan jantung tak cuma mengancam orang tua, tetapi juga anak muda khususnya perempuan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangat penting lantaran serangan jantung terjadi karena gaya hidup tidak sehat.

Para dokter di seluruh dunia mengimbau kepada Anda yang kini berusia 20, 30, atau 40 tahunan untuk mulai memberi fokus kesehatan jantung. Sebab, itu akan menentukan apakah Anda berisiko serangan jantung atau tidak di kemudian hari.

Pasalnya lebih dari 28.000 orang yang dirawat di rumah sakit karena serangan jantung dari 1995 hingga 2014, dan mereka menemukan bahwa tingkat serangan jantung pada usia 35 hingga 54 tahun telah meningkat, dari 27 menjadi 32 persen.

Nah, bicara soal tips mencegah serangan jantung di usia muda, MNC Portal menyadur dari laman Penn Medicine bahwa ada beberapa langkah yang bisa dicoba. Apa saja?

Kelola stres

Stres yang tidak tertangani dengan baik akan meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kesehatan serius. Ya, stres yang Anda pikir hanya masalah di pikiran dapat menyebabkan darah tinggi dan kadar kolesterol naik.

"Untuk itu, kelola stres dengan baik, selagi Anda terus berupaya memastikan mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan bergizi seimbang, pun berolahraga dengan bijak akan meminimalisir serangan jantung di usia muda," tulis laporan itu seperti dikutip MNC Portal, Jumat (3/9/2021).

Serangan Jantung

Kontrol tekanan darah

Orang dewasa muda dengan tekanan darah sedikit di atas normal mungkin lebih memiliki risiko masalah jantung di kemudian hari. Untuk itu, jika hasil tensi darah selalu menunjukkan kenaikan, maka mulai periksakan ke dokter.

"Jika tekanan darah Anda lebih dari 120/80, Anda harus menganggapnya serius dan berkonsultasi ke dokter," terang laporan tersebut.

Kontrol kolesterol

Jangan biarkan kolesterol tubuh Anda tinggi. Hal ini sama dengan tekanan darah, dapat memicu masalah kesehatan jantung di kemudian hari.

Pada usia 20 atau 30-an, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Obesitas akibat kurang olahraga dan diet yang mengandung tinggi gula dapat memperparah keadaan.

Untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi, Anda disarankan kurangi asupan lemak jenuh ataupun lemak trans, dan jangan lupa untuk berolahraga. "Jika diet tanpa aktivitas fisik, ini tidak akan menurunkan angka kolesterol Anda," tegas laporan tersebut.

Turunkan berat badan

Obesitas dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke, ini menjadi penyebab utama kematian dini yang sejatinya bisa dicegah. Diet sehat dan aktivitas fisik menjadi senjata terbaik melawan obesitas dan penyakit jantung di usia muda.

"Untuk mulai mendapatkan berat badan ideal, Anda disarankan untuk konsumsi nutrisi seperti buah, sayuran, biji-bijian, unggas, ikan, dan kacang-kacangan. Soal olahraga, usahakan 150 menit per minggu," saran laporan tersebut.

Berhenti merokok!

Merokok sudah terbukti berkaitan dengan masalah kesehatan serius seperti masalah pernapasan dan kanker paru-paru, termasuk serangan jantung.

"Orang yang merokok dua sampai empat kali dalam sehari lebih mungkin terkena penyakit jantung," kata laporan tersebut. So, mulai sekarang jauhi rokok!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini