Share

Apa Itu Demam Misterius, Penyakit yang Sebabkan 40 Anak di India Meninggal?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 481 2465887 apa-itu-demam-misterius-penyakit-yang-sebabkan-40-anak-di-india-meninggal-yoXn7cyIC4.jpg Ilustrasi penyakit demam misterius pada anak. (Foto: Shutterstock)

INDIA diserang wabah baru yang sangat menyeramkan, khususnya untuk anak-anak. Ya, demam misterius nama penyakitnya.

Demam misterius hingga kini telah menyebabkan 40 anak meninggal dunia yang sebagian besar ada di Negara Bagian Uttar Pradesh. Serangan demam misterius padahal baru berjalan 1 minggu, namun menewaskan banyak orang.

Dikarenakan menyebabkan kematian yang nyata, tidak heran demam misterius menjadi ancaman baru India untuk saat ini di tengah upaya mengentaskan pandemi covid-19. Menurut laporan laman Independent, sampai sekarang banyak pasien demam misterius masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca juga: 'Demam Misterius' Membunuh Puluhan Anak di India dalam Seminggu 

Lantas, apa sebetulnya yang dialami pasien demam misterius ini?

Berdasarkan laporan tersebut, pasien mengeluhkan gejala seperti demam tinggi, nyeri sendi, sakit kepala, dehidrasi, dan mual. Dalam kasus spesial, gejala yang muncul meliputi penurunan jumlah trombosit dan ruam pada tubuh.

"Mereka yang meninggal dunia akibat penyakit demam misterius dipastikan melalui tes PCR covid-19 hasilnya negatif, sehingga dipastikan ini bukan bagian dari serangan covid-19," terang laporan tersebut yang dikutip MNC Portal pada Jumat (3/9/2021).

Ilustrasi penyakit tifus scrub. (Foto: Shutterstock)

Lebih lanjut dijelaskan, beberapa dokter menduga bahwa demam misterius yang terjadi di India itu adalah demam berdarah. Tapi, Pemerintah Negara Bagian Uttar Pradesh telah membantah bahwa itu bukan demam berdarah.

Baca juga: Mengenal Penyakit Tifus Scrub serta Penyebabnya 

Kasus pertama demam misterius di India terdeteksi pada 18 Agustus 2021. Sayangnya, pasien penyakit ini kebanyakan datang ke fasilitas kesehatan sudah dalam keadaan buruk. Hal ini juga yang membuat kasus kematian tinggi.

"Terlambat datang ke rumah sakit, anak laki-laki kami meninggal dunia sebelum mendapatkan pertolongan medis," kata salah satu keluarga korban berbicara kepada NDTV.

Sementara itu, dugaan lain menyebutkan bahwa demam misterius ini adalah tifus scrub menurut laporan Live Hindustan. Salah satu sampel pasien yang diambil di Desa Koh Mathura menunjukkan hasil bahwa pasien terinfeksi tifus scrub.

Baca juga: WHO Tambahkan Covid-19 Varian Mu ke Daftar Variant of Interest 

Tifus Scrub sendiri di dunia kedokteran kerap disebut dengan tifus bush, penyakit yang disebabkan gigitan tungau yang terinfeksi virus. Gejala penyakit ini dimulai dalam 10 hari setelah gigitan mirip dengan penyakit yang ditularkan melalui vektor.

Gejala tifus bush adalah demam tinggi, menggigil, sakit kepala, nyeri tubuh, ruam, dan nyeri otot. Hampir mirip dengan gejala yang dominan dilaporkan pasien demam misterius sejauh ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini