Makin Tua Wajah Jadi Tak Simetris, Kok Bisa?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 04 September 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 04 612 2465971 makin-tua-wajah-jadi-tak-simetris-kok-bisa-j8wDdZDaiS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEIRING bertambahnya usia, wajah kita akan memiliki kerutan dan mulai kendur. Akibatnya, wajah terkesan menjadi asimetris. Apalagi jika kita memiliki bekas luka atau tanda wajah.

Tapi, benarkah penuaan tersebut menyebabkan wajah menjadi asimetris?

Asisten profesor bedah di Mount Auburn Hospital di Massachusetts, Helena Taylor menjawab berdasarkan studi yang dia dan tim lakukan kemudian dipublikasikan dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery pada 2018.

Wajah

Dalam studi, dia dan tim menggunakan fotografi tiga dimensi untuk membuat gambar detil dari 191 sukarelawan berusia antara sekitar 4 bulan dan 88 tahun. Sebuah algoritma komputer digunakan untuk menghitung simetri wajah setiap peserta.

"Kami ingin melihat dan melihat apakah ada faktor yang berkorelasi dan ternyata, ada hubungan yang cukup linier antara usia dan asimetri," kata Taylor seperti Antara kutip dari Livescience.

Menurut dia, kondisi wajah tak simetris terjadi karena kekuatan normal yang bekerja pada wajah dari waktu ke waktu tidak sama dan juga fitur wajah tumbuh secara berbeda.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini