4 Cara Atasi Insecure, Jangan Sampai Malah Narkoba

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 04 September 2021 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 04 612 2466103 4-cara-atasi-insecure-jangan-sampai-malah-narkoba-VloV30sTc9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI yang belum juga berakhir tentu saja membuat orang merasa khawatir. Bagi beberapa orang mereka yang mengalami insecure atau rasa cemas kerap kali menghantui.

Biasanya, rasa insecure berasal dari ketakutan, lalu ada juga yang membandingkan diri dengan orang lain. Dimulai dari merasa kurang penting, tidak berhasil dan tidak bahagia dengan tujuan hidup. Akibatnya, ada orang yang memilih menggunakan narkoba sebagai pelarian.

Memang, rasa insecure itu normal dan biasa dialami siapa saja. Hanya saja, rasa insecure sepanjang waktu ini akan memiliki dapat berdampak buruk bagi kehidupan, mulai dari fisik, kesehatan mental dan kinerja dalam pekerjaan.

Insecure

Tidak merasa cukup baik juga sangat berbahaya dalam hubungan romantis, karena akan membuat lebih rentan terhadap perasaan cemas dan cemburu. Dikutip dari Health Line, ada beberapa cara untuk mengatasi rasa insecure.

 

Catat hal bermanfaat yang sudah dilakukan

Catat semua hal yang telah dilakukan dengan benar. Misalnya membantu tetangga membawa belanjaan atau membantu atasan saat meeting.

Dengan menulis hal-hal baik yang telah dilakukan, akan membantu Anda fokus pada kontribusi yang telah diberikan dari pada hanya memikirkan kekurangan saja.

Cintai diri sendiri

Jika masih mengutamakan kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan pribadi, itu artinya Anda tidak cukup mencintai diri sendiri. Tambahkan lebih banyak perawatan diri ke rutinitas harian. Hal itu dapat melawan pikiran negatif dan membangun kepercayaan diri.

Beberapa cara ini dapat Anda lakukan untuk menunjukan cinta pada diri sendiri.

- Rawat tubuh Anda dengan pijat atau facial.

- Lakukan olahraga favorit Anda setidaknya 30 menit setiap hari.

- Lakukan detoks media sosial.

- Manjakan diri Anda dengan makanan bergizi.

Habiskan waktu bersama orang yang dicintai

Tidak ada yang lebih baik dari pada mengelilingi diri dengan orang-orang baik, yang penuh kasih dan suportif yang dapat membangun kepercayaan diri Anda.

Fokus pada langkah kecil

Mengatasi rasa insecure dan membangun harga diri Anda tidak bisa terjadi dalam semalam. Cobalah untuk bersikap baik kepada diri sendiri selama proses ini dan jangan berkecil hati jika segala sesuatunya tidak membaik secepat yang diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini