Share

Long Covid Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal hingga 30%?

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 04 September 2021 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 04 612 2466175 long-covid-bisa-sebebkan-kerusakan-ginjal-hingga-30-BQVS8EyIJO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PASIEN Covid-19 yang sudah sembuh memang harus menghadapi kondisi lanjutan yang biasa disebut dengan Long Covid. Gejala Long Covid pun juga bisa mengancam kesehatan seseorang jika tidak ditanggapi dengan serius, salah satunya adalah badai sitokin.

Kini dari salah satu studi penelitian yang terbaru, risiko lebih tinggi masalah pada organ ginjal disebut jadi salah satu dampak kesehatan yang disebut terkait dengan kondisi long Covid.

Mengutip Reuters, menurut sebuah studi baru, Long Covid-19 ada hubungannya dengan risiko lebih tinggi untuk masalah ginjal baru. Kesimpulan ini didapat pasca menganalisis data pada lebih dari 1,7 juta orang veteran AS, termasuk hampir 90.000 orang yang sembuh dari Covid-19 dengan gejala yang berlangsung setidaknya selama 30 hari.

Ginjal

Para peneliti menemukan para long haulers ini berisiko lebih tinggi untuk masalah ginjal yang baru dibandingkan dengan orang yang belum terinfeksi Covid-19.

Dari studi yang dilaporkan di Journal of American Society of Nephrology tersebut, disebutkan sekitar 5 persen kelompok orang yang mengalami Long Covid mengalami setidaknya penurunan sampai 30 persen dalam ukuran kritis fungsi ginjal yang dikenal sebagai perkiraan laju filtrasi glomerulus atau eGFR.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini