Antibodi Monoklonal Efektif Meminimalisir Risiko Pasien Covid-19 Rawat Inap

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 05 September 2021 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 481 2466392 antibodi-monoklonal-efektif-meminimalisir-risiko-pasien-covid-19-rawat-inap-zrMyhV9LNj.jpg Isolasi mandiri (Foto: Freepik)

RUPANYA studi baru dari Mayo Clinic di Rochester, MN, menemukan bahwa orang yang tertular virus corona baru dan berisiko tinggi mengembangkan Covid-19 parah, dapat menghindari rawat inap.

Mereka dapat menghindari rawat inap, jika dokter yang merawat mereka dengan kombinasi dua antibodi monoklonal yang disetujui untuk penggunaan darurat oleh Food and Drug Administration (FDA).

 risiko rawat inap

Orang dengan infeksi SARS-CoV-2 yang mendapat pengobatan antibodi monoklonal, secara signifikan lebih kecil kemungkinannya memerlukan rawat inap dibandingkan peserta yang tidak menerima pengobatan.

Ini bukan penyelidikan pertama oleh Mayo Clinic terhadap penggunaan antibodi monoklonal sebagai sarana membantu orang berisiko tinggi menghindari rawat inap karena Covid-19.

Sebuah penelitian sebelumnya menguji efek bamlanivimab, pengobatan yang menjanjikan tetapi penggunaannya, dalam kombinasi dengan antibodi monoklonal lain etesevimab, telah dihentikan karena munculnya varian SARS-CoV-2.

Namun, penulis utama studi tersebut, Dr. Raymund Razonable, dari Mayo Clinic mengatakan, ketika pasien yang berisiko tinggi karena berbagai penyakit penyerta tertular kasus Covid-19 ringan atau sedang, kombinasi suntikan monoklonal ini memberi mereka peluang untuk pemulihan tanpa dirawat di rumah sakit.

"Dengan kata lain, mereka bisa pulih dengan isolasi mandiri di rumah," kata Dr. Raymund seperti dikutip Medical News Today, Minggu (5/9/2021).

Sang dokter melanjutkan, antibodi monoklonal dimaksudkan untuk mencegah pasien berkembang menjadi penyakit parah, dan strategi ini membuat pasien tetap berada di luar rumah sakit, sehingga membantu mengurangi beban sistem rumah sakit yang kewalahan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini