Begini Cara Mencegah Hipertensi, Dicoba Yuk

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 05 September 2021 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 481 2466430 begini-cara-mencegah-hipertensi-dicoba-yuk-eV5fqtz0iQ.jpg Mencegah hipertensi (Foto: Freepik)

PENYAKIT hipertensi alias tekanan darah tinggi sering menjadi momok di masyarakat. Sebab hipertensi merupakan sillent killer karena sering tanpa keluhan sehingga penderita tidak mengetahuinya.

Sebenarnya hipertensi disebabkan antara lain kurang istirahat, tidak menjaga pola makan, serta gaya hidup tidak sehat .

 mencegah hipertensi

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), meski tidak memiliki keluhan, namun hipertensi bisa dicegah dan dikendalikan agar seseorang bisa hidup sehat lebih lama.

Seseorang didiagnosis mengalami hipertensi bila hasil tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg, sementara tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada lebih dari satu kali kunjungan.

Namun, seseorang tidak perlu panik dan takut jika didiganosis mengalami hipertensi, sebab penyakit ini masih bisa dikontrol.

Hipertensi dapat dicegah, dan bila sudah terkena pun dapat dikontrol dengan minum obat teratur dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Caranya dengan membatasi konsumsi gula, garam dan lemak (GGL), melakukan aktivitas fisik, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, dan hindari merokok.

Konsumsi garam harus diperhatikan, dianjurkan 5-6 gram perhari. Selain itu perbanyak makan sayur, buah, sedikit lemak jenuh, ikan dan sedikit gula dengan diiringi aktivitas fisik minimal 30 menit per hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini