Lebih dari 208 Juta Penduduk Indonesia Jadi Target Vaksinasi

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 06 September 2021 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 481 2466875 lebih-dari-208-juta-penduduk-indonesia-jadi-target-vaksinasi-MPy3VZLnUA.jpg Vaksin Covid-19 (Foto:Biospace)

PROGRAM vaksinasi bersama dengan penerapan aturan pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat dan disiplin protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan) jadi strategi utama pemerintah dalam upaya pengendalian situasi pandemi Covid-19.

Menggenjot program vaksinasi, pemerintah saat ini terus mendatangkan stok vaksin dari berbagai produsen vaksin Covid-19 dari luar negeri.

 Vaksinasi Covid-19

Program vaksinasi di Indonesia sendiri saat ini, diketahui sudah digelar mulai dari kelompok di atas 12 tahun hingga kelompok usia orang lanjut usia, serta kelompok ibu hamil dan menyusui.

Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah menargetkan lebih dari 200 juta penduduk yang akan divaksin.

“Vaksinasi ditargetkan di atas usia 12 tahun, jumlah penduduk Indonesia yang akan divaksin sejumlah 208,2 juta,” tutur Menko Airlangga, dikutip dari siaran langsung kedatangan vaksin tahap 50 di akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (6/9/2021).

Menggenjot program vaksinasi bisa lebih cepat dan merata, Presiden Joko Widodo disebutkan Menko Airlangga sudah memerintahkan secara langsung kepada para menteri dan kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi, proses distribusi cepat sampai ke masyarakat agar tujuan vaksin bisa sampai secara merata kepada masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Airlangga menginformasikan hingga Minggu 5 September kemarin, Indonesia sudah memvaksinasi sebanyak 105 juta dosis.

“Hingga 5 September 2021, sebanyak 66,78 juta penduduk telah menerima suntikan dosis pertama dan 38,2 juta menerima dosis kedua dan vaksin dosis ketiga untuk SDM sebanyak 713.068 orang. Dengan ini kita sudah memvaksinasi 105 juta dosis,” tambahnya.

Meski Indonesia saat ini sudah menduduki peringkat 6 dunia dalam hal vaccination rate, Menko Airlangga mengingatkan masyarakat untuk tetap tidak lengah.

“Indonesia berada di peringkat 6 dunia, namun kita harus tetap waspada dan harus berupaya keras dalam upaya percepatan vaksinasi,” tutup Menko Airlangga singkat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini