6 Cara Ampuh Bersihkan Ponsel dari Virus Penyakit, Yuk Dicoba

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 06 September 2021 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 612 2466648 6-cara-ampuh-bersihkan-ponsel-dari-virus-penyakit-yuk-dicoba-ijxpvtm2j2.jpg Ilustrasi bahaya virus penyakit menempel di barang-barang seperti ponsel. (Foto: Okezone)

DI masa pandemi covid-19 ini pola hidup semua orang harus lebih bersih demi menjaga kesehatan. Salah satunya menjaga kebersihan telepon seluler atau ponsel dari virus penyakit. Pasalnya, ponsel atau smartphone merupakan benda yang paling dekat dengan manusia.

Ponsel kini sangat dibutuhkan karena fungsinya untuk bekerja dan aktivitas komunikasi lainnya. Namun ponsel ternyata bisa juga menimbulkan hal negatif yakni menjadi media perantara virus penyakit.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan agar Terhindar dari Varian Delta Plus? 

Virus penyakit bisa menempel di ponsel akibat terlalu sering dipegang. Oleh karena itu, setiap pemiliknya wajib membersihkan. Ini penting untuk menghilangkan mikroba dan bakteri yang mematikan menutupi ponsel.

Selain itu, tidak diketahui setiap kali menyentuh ponsel, terjadi perpindahan virus ke dan dari tangan, wajah, atau setiap permukaan yang disentuh.

Ilustrasi membersihkan ponsel dari bahaya virus penyakit. (Foto: Gadget Popular)

Menjaga kebersihan ponsel harus diperhatikan, apalagi kini virus corona atau covid-19 diinformasikan mampu bertahan di udara selama beberapa waktu. Anda wajib membersihkannya setiap kali dari luar rumah.

Lantas, bagaimana membersihkan ponsel dengan baik dan benar? Berikut enam cara mudahnya, seperti dikutip dari laman The Spruce.

Baca juga: Tak Sengaja Kontak dengan Penderita Covid-19, Ini Saran Dokter Reisa Sebelum Tes Swab 

1. Cabut perangkat ponsel lain yang masih menempel

Langkah awal jika Anda hendak membersihkan ponsel yaitu lepaskan pengisi daya atau earphone yang masih menempel. Lalu nonaktifkan ponsel. Jika perangkat-perangkat tersebut ingin dibersihkan, harus secara terpisah.

2. Lepaskan casing

Untuk membersihkan ponsel secara efektif, lepaskan casing atau penutup pelindung. Ini juga harus dibersihkan secara terpisah sebelum memasukkan ponsel lagi.

3. Campur air dan 70 persen isopropil alcohol

Dalam botol semprot kecil, campurkan air dengan perbandingan 1 banding 1 dan isopropil alkohol 70 persen. Kocok botol dengan baik, lalu semprotkan ke ponsel dan diseka menggunakan kain bersih.

Baca juga: Traveling saat Pandemi, Selain Baju Perhatikan Hygiene Kit Juga Ya 

4. Semprot air ke kain microfiber

Semprotkan sedikit air yang sudah dicampurkan isopropil ke kain microfiber bebas serabut. Jangan pernah menyemprot telepon secara langsung dan jangan terlalu membasahi kain. Gunakan kain microfiber untuk menyeka seluruh ponsel. Pastikan untuk membersihkan bagian depan dan belakang.

5. Bersihkan area kecil

Jika area kecil seperti ruang di sekitar lensa kamera, port lampiran, atau tombol menunjukkan tanda-tanda penumpukan kotoran, gunakan kapas atau tusuk gigi kayu untuk membersihkan area tersebut. Setelah sisa-sisa kotoran hilang, seka kembali area tersebut dengan kain microfiber yang sedikit basah.

Baca juga: Takut Efek Sampingnya, Kemenkes Inggris Larang Anak 12-15 Tahun Disuntik Vaksin Pfizer 

6. Biarkan ponsel mengering

Biarkan ponsel mengering sepenuhnya selama minimal 15 menit sebelum memasukkannya kembali ke casing-nya. Lakukan setiap minggu agar ponsel relatif bebas bakteri penyakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini