Indonesia Peringkat 1 Negara Paling Dermawan, 83% Warganya Pernah Jadi Donatur

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 06 September 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 612 2466934 indonesia-peringkat-1-negara-paling-dermawan-83-warganya-pernah-jadi-donatur-h8aAyDJyO0.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PADA masa pandemi ternyata banyak orang melipatgandakan donasi. Masyarakat juga semakin senang bergotong royong untuk membantu di masa sulit ini.

Dalam World Giving Index disebutkan bahwa Indonesia adalah negara paling dermawan. Sebanyak 83 persen orang pernah menjadi donatur.

 donasi

"Dalam World Giving Index disebutkan bahwa 83 persen orang pernah menjadi donatur. Makanya kita jadi nomor 1 paling dermawan di antara negara maju," kata Koordinator Bidang Mobilisasi Sumber Daya Forum Solidaritas Kemanusiaan (FSK) Arifin Purwakananta, lewat keterangan resminya.

Dijelaskan Arifin, donatur datang dari kalangan anak-anak muda. Mereka adalah karyawan bergaji UMR hingga mahasiswa yang mau membantu menangani Covid-19.

"Ada juga di kalangan ojol, mereka berdonasi untuk membantu menangani musibah. Orang-orang seperti ini tumbuh kepeduliannya," terangnya.

Selain di tempat resmi seperti lembaga kemanusiaan atau platform donasi, mereka juga banyak membantu orang secara langsung. "Mereka bantu saudara, tetangga, teman sekolah dan lainnya. Bukan karena banyak uangnya, tapi ingin membantu gotong royong," ujarnya.

Terlebih, sekarang dengan teknologi digital, mereka bisa menyumbang berapapun jumlahnya, sehingga uangnya bisa terkumpul banyak.

"Meski jumlah donasinya kecil, ketika dikumpulkan akan menjadi banyak dan bermanfaat," tambahnya.

Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk berdonasi lebih banyak lagi untuk meringankan beban pandemi. Misalnya saja lewat platform Kitabisa atau cara-cara lainnya yang sederhana.

Dia menilai, dalam mengatasi Covid-19 ini Indonesia memerlukan semangat kebersamaan. "Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah dan tenaga medis, diperlukan simbol kekuatan dari masyarakat dan stakeholder," terangnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini