10 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Tanpa Membuatnya Merasa Sakit

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 481 2467283 10-cara-mengeluarkan-dahak-pada-bayi-tanpa-membuatnya-merasa-sakit-ouasJR4CKu.jpg 10 cara mengeluarkan dahak pada bayi (Foto :

ADA 10 cara mengeluarkan dahak pada bayi tanpa membuatnya merasa sakit. Ya, pilek bisa menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami bayi.

Ketika pilek, tak jarang si kecil mengeluarkan banyak lendir dari hidung mungilnya dan tenggorokannya. Selain menimbulkan dahak, Ini juga akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Jangan panik dulu Bunda, berikut 10 cara mengeluarkan dahak pada bayi dari hidung dan tenggorokan yang dilansir Healthline, Rabu (7/9/2021).

1. Memberikan Uap

10 cara mengeluarkan dahak pada bayi

(10 cara mengeluarkan dahak pada bayi, Foto: Boldsky)

Cara yang pertama adalah memberikan uap kepada bayi, supaya dahak atau lendir yang mengganggunya perlahan dapat membantu mengeluarkannya.

Caranya, tempatkan alat penguap atau pelembap kabut dingin di kamar bayi Anda untuk menambah kelembapan udara. Ini dapat membantu membersihkan hidung tersumbat mereka.

Anda bisa memberikan uap air panas yang sudah diteteskan minyak kayu putih. Kemudian jangan lupa membersihkan alat uapnya, supaya tidak mudah tumbuh jamur.

2. Nebulizer

Selanjutnya adalah nebulizer yakni menggunakan alat uap di rumah sakit. Memang sama-sama uap seperti menggunakan air panas dan minyak kayu putih, namun alat ini lebih canggih dan bisa mengeluarkan dahak lebih cepat.

Nantinya perlahan akan membuat dahak menjadi cair. Selanjutnya Anda bisa membantunya untuk mengeluarkan lendir yang mengganggunya.

Baca Juga : Warna Dahak Hijau Kekuningan saat Batuk, Anak Terinfeksi Bakteri?

3. Menepuk-nepuk punggung bayi

Cara lainnya adalah Anda bisa menepuk-nepuk punggung bayi secara lembut, supaya lendir atau dahak yang ada di tenggorokannya bisa keluar.

Lantas bagaimana caranya? Pertama-tama posisikan bayi dalam keadaan tengkurap, kemudian tepuk punggung bagian kanan dan kiri.

Kemudian letakkan bayi dalam keadaan tubuhnya miring, lalu tepuk perlahan dada bayi guna membuat dahaknya cepat keluar. Pastikan cara satu ini anak dalam keadaan kosong, tidak minum ASI atau susu formula lebih dulu, karena nantinya akan ikut dimuntahkan.

4. Menggunakan daun sirih

10 cara mengeluarkan dahak pada bayi

(10 cara mengeluarkan dahak pada bayi, Foto: Steemit)

Beberapa bahan alami dapat membantu memperbaiki kesehatan, salah satunya adalah daun sirih. Daun ini juga efektif membantu bayi mengeluarkan dahaknya.

Caranya panaskan daun sirih dengan cara direbus. Selanjutnya setelah suhunya agak turun menjadi hangat, tempelkan daun tersebut di bagian dada atau punggung bayi. Perlahan dahak akan menjadi encer.

5. Menghangatkan tubuh bayi

Kemudian cara mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan menghangatkan tubuhnya. Dahak yang mengental di saluran pernapasan bayi menjadi sesuatu yang paling sering membuat gelisah. Bahkan menjadi rewel, khususnya saat akan tidur dan makan.

Para bunda bisa memakaikan bayi pakaian hangat, seperti jaket, sweater atau membalutnya dengan selimut. Hal ini akan membantu dahak jadi encer karena hawa panas yang dikeluarkan bayi.

6. Berjemur di bawah sinar matahari

Supaya dahak cepat keluar dari tenggorokan bayi, yaitu dengan cara berjemur di bawah sinar matahari. Ini cukup efektif agar dahak yang kental bisa mencair.

Cara satu ini umumnya dilakukan kepada bayi yang masih sangat kecil. Bunda bisa menjemur buah hati yang sedang tersumbat dahak antara pukul 08.00 hingga 09.00 di saat sinar matahari pagi sedang hangat-hangatnya.

7. Berikan ASI eksklusif teratur

10 cara mengeluarkan dahak pada bayi

(10 cara mengeluarkan dahak pada bayi, Foto: Boldsky)

Selanjutnya bunda bisa memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda, supaya membantu mengeluarkan dahak di tenggorokannya. Terutama bagi bayi usia dia bawah 6 bulan.

Sementara untuk anak atau balita bisa diberikan air hangat secara rutin. Ini juga efektif mengeluarkan dahak yang menyumbat tenggorokan si buah hati.

8. Alat pelembap ruangan

Kemudian Anda bisa memakai alat pelembap ruangan (humidifier), yakni berguna untuk membantu mengeluarkan dahak pada bayi.

Sesuai dengan fungsinya, humidifier berguna untuk menyeimbangkan kelempaban pada ruangan. Serta dapat juga melegakan pernapasan, sehingga membuat bayi Anda yang sedang menimbun dahak di tenggorokannya bisa cepat pulih.

9. Alat penyedot khusus

Lalu jika hal tersebut masih sulit, Anda bisa mencoba cara mengeluarkan dahak pada balita dan juga bayi yang masih kecil, yakni dengan menggunakan alat penyedot khusus.

Biasanya alat ini didesain khusus untuk bayi, balita dan anak-anak sehingga saat digunakan akan aman. Anda bisa mendapatkannya di apotek, hingga online shop

10. Konsultasi kepada dokter

Terakhir adalah konsultasikan kepada dokter, supaya bayi Anda dapat tertangani secara profesional. Nantinya medis akan membantu mengeluarkan dahak yang ada pada bayi.

Selain itu di tangan dokter, bayi Anda akan terlihat secara detail apakah itu hanya dahak biasa, atau ada penyebab lainnya yang berpengaruh terhadap kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini