Mengenal Pegagan si Tanaman Panjang Umur Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 481 2467482 mengenal-pegagan-si-tanaman-panjang-umur-beserta-manfaatnya-untuk-kesehatan-k9eO0gOk13.jpg Tanaman pegagan. (Foto: Pexels)

TAHUKAH Anda dengan tanaman pegagan atau Centella asiatica? Ini merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah lama digunakan dalam dunia pengobatan. Pegagan kerap dijuluki tanaman untuk panjang umur.

Tanaman pegagan tidak memiliki cita rasa atau aroma. Bentuknya seperti kipas dan tumbuh di sekitar tempat berair. Demikian dikutip dari Antara, Selasa (7/9/2021).

Baca juga: Studi: Kombinasi Jintan Hitam dan Madu Percepat Pemulihan Pasien Covid-19 

Laman Medical News Today melaporkan bahwa pegagan memiliki senyawa seperti Saponin triterpenoid. Para peneliti percaya bahwa ini mungkin sebagian besar bertanggung jawab atas manfaat kesehatan tanaman yang diakui mulai dari menyembuhkan luka hingga khasiat panjang umur.

Tanaman pegagan. (Foto: Pexels)

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal NCBI pada 2016 menunjukkan suplemen dengan dengan kandungan pegagan mampu meningkatkan memori seseorang yang pernah terkena stroke.

Studi lain menyebutkan bahwa mengonsumsi pegagan selama 60 hari mampu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi pada para penderita gangguan kecemasan.

Baca juga: Uji In Vitro Sebut Habbatussauda dan Madu Mampu Hambat Replikasi Virus 

Ada juga beberapa bukti bahwa pegagan dapat membantu mencegah stretch mark, mengurangi varises, membantu menyembuhkan luka lebih cepat, serta mengurangi gejala eksim dan psoriasis. Namun, diperlukan studi lebih lanjut.

Studi pada hewan menunjukkan bahwa pegagan dapat meredakan nyeri sendi, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi efek tersebut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini