4 Kiat untuk Atasi Rasa Takut saat Vaksinasi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 481 2467580 4-kiat-untuk-atasi-rasa-takut-saat-vaksinasi-covid-19-ELCdPa8ABY.jpg Ilustrasi (Foto : News Medical)

VAKSIN Covid-19 datang sebagai secercah harapan di masa-masa pengujian ini. Ini adalah satu-satunya cara untuk memerangi virus dan dengan demikian, penting bagi setiap orang untuk mendapatkan vaksinasi.

Saat hendak vaksin, Anda mungkin merasa takut atau gugup akibat berita yang beredar. Itu wajar. Tetapi, ada kiat-kiat yang akan membantu Anda mengatasi ketakutan saat hendak vaksinasi Covid-19, seperti dilansir Pinkvilla pada Selasa (7/9/2021).

Tetap terinformasi

Anda mungkin merasa cemas karena takut akan hal yang tidak diketahui. Jadi untuk membantu menenangkan saraf itu, cari tahu tentang vaksin yang Anda tuju, sebanyak mungkin untuk tetap mendapat informasi dan waspada.

Siapkan mental

Vaksinasi Covid-19

Saat mencari informasi, Anda mungkin juga menemukan daftar gejala yang mungkin Anda alami setelah divaksinasi. Persiapkan diri Anda secara mental untuk menghadapi rasa sakit di area bekas suntikan, serta tetap berpikir positif dan berharap bahwa tidak akan terjadi hal buruk yang menimpa Anda setelah vaksin.

Baca Juga : Vaksin Sinovac 98% Cegah Covid-19, Masih Perlukah Booster?

Mengatasi kecemasan

Jangan mengabaikan kecemasan vaksin Anda sebagai sesuatu yang sembrono. Atasi dan akui perasaan tersebut dan cobalah untuk menemukan alasan kegugupan Anda. Tangani kecemasan dengan cara yang produktif dan motivasi diri Anda sebelum melakukan vaksinasi.

Akui perasaan Anda

Selalu lebih baik untuk mendiskusikan hal-hal yang membuat Anda cemas daripada memendamnya. Diskusikan ketakutan Anda terkait vaksinasi dengan orang yang dicintai agar tidak merasa sendirian. Orang tersebut dapat membantu Anda dalam memerangi kegugupan dan dapat memberi Anda dukungan mental.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini