Jangan Percaya 7 Mitos Seputar Nutrisi Ini, Sesat!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 612 2467622 jangan-percaya-7-mitos-seputar-nutrisi-ini-sesat-ihuaIfmd3g.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA memang memiliki semumlah mitos yang beredar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di saat pandemi seperti ini, banyak mitos-mitos yang cenderung menjadi hoax sebaiknya harus dikaji ulang.

Nah, dari sekian banyak mitos yang beredar, ada juga mitos tentang nutrisi. Chief Dietician, Fortis Escorts Heart Institute, New Delhi, Daljit Kaur mengatakan ada 7 mitos seputar nutrisi yang sebaiknya tidak Anda percayai.

Mitos 1: Pisang adalah buah yang dingin dan tidak boleh dimakan di malam hari.

Fakta: Ini tidak memiliki kebenaran apa pun di dalamnya. Ini sama seperti buah apa pun dan bisa dimakan di malam hari juga.

Mitos 2: Penderita diabetes bisa makan gula merah.

Fakta: Ini salah. Gula sangat dilarang untuk penderita Diabetes. Tapi, untuk non-Diabetes, ini jelas merupakan alternatif yang baik untuk gula.

Makanan Sehat

Mitos 3: Kopi tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk anak perempuan.

Fakta: Setiap peminum kopi mungkin pernah mendengar ini setidaknya sekali dalam hidup mereka, tetapi ini tidak benar. Baik teh dan kopi memiliki kafein di dalamnya dan sama-sama berbahaya dan dalam beberapa kasus bermanfaat.

Dengan syarat, Anda harus mengonsumsinya dengan jumlah sedang. Segala sesuatu yang berlebihan berbahaya bagi tubuh Anda. Karenanya, satu cangkir sehari tak mengapa.

Tetapi, hal yang harus diingat orang adalah untuk tidak meminumnya segera setelah makan. Harus ada jeda dua jam antara waktu makan dan teh atau kopi.

Mitos 4: Nasi sangat dilarang jika Anda kedinginan.

Fakta: Sekali lagi, orang-orang di Indonesia makan nasi sebagai makanan pokok, ini tidak ada hubungannya dengan flu.

Mitos 5: Anda tidak boleh makan yogurt saat batuk dan pilek.

Fakta: Orang-orang yang tinggal di negara-negara dingin tetap makan yogurt sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka. Tidak ada hubungan antara yogurt dengan batuk ataupun pilek.

Mitos 6: Kalau mau sehat harus banyak makan.

Fakta: Seseorang tidak harus makan setiap jam. Jarak antara waktu makan yang disarankan adalah setidaknya tiga jam. Jika Anda terus makan setiap jam, Anda tidak memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan. Namun, untuk penderita diabetes dan pasien lain, ini mungkin membantu.

Mitos 7: Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari.

Fakta: Semua makanan sama pentingnya. Tapi ya, sarapan menjadi makanan pertama hari itu bertanggung jawab untuk membuat Anda tetap energik dan memberi Anda dorongan energi sepanjang hari.

Tetapi, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat saat sarapan. Anda cukup makan gandum atau buah-buahan yang mengandung serat. Karena serat baik untuk pencernaan tubuh di pagi hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini